KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDIKAN (KTSP) (STUDI KASUS DI KABUPATEN KARANGANYAR))

Wisudani Rahmaningtyas, Baedhowi Baedhowi, Djoko Santoso Th

Abstract

Latar belakang: guru merupakan komponen utama dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan, oleh karena itu dibutuhkan guru yang berkompeten untuk mengaplikasikannya, akan tetapi KTSP merupakan hal yang baru bagi sebagian guru, sehingga kesulitan untuk menerapkannya. Sehingga kompetensi guru perlu dikaji untuk mengetahui realita dilapangan dan bisa dilakukan evaluasi serta perbaikan untuk kedepannya.

Metode: penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Strategi penelitian yaitu strategi tunggal terpancang. Sumber data meliputi informan, kata-kata atau tindakan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik sampling yaitu purposive sampling dan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metodologis. Sedangkan teknik analisis data adalah teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian: sosialisasi dilapangan masih kurang sehingga pemahaman guru tentang KTSP minim, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional guru secara keseluruhan sudah memenuhi. Akan tetapi ada beberapa aspek yang masih kurang seperti pemahaman karakter siswa, kedisiplinan guru, penguasaan IT, dan relevansi pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.