PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENURUT PERSEPSI GURU, DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMP NEGERI DI KABUPATEN WONOGIRI

Suryani Dewi Pratiwi, Soetarno Joyoatmojo, Sutarno Sutarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi kerja guru, kepuasan kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru, serta iklim sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri yang jumlahnya 150 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan table penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan dari Issac dan Michael, untuk jumlah populasi 150 orang dengan tingkat kesalahan 10% maka jumlah sampelnya 97 orang.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa analisis data dari kelima hipotesis menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh dari motivasi kerja terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh dari kepuasan kerja terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru terhadap kinerja guru, (4) terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, dan (5) terdapat pengaruh dari motivasi kerja, kepuasan kerja, kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri.

Kata kunci: Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, iklim Sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.