EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Ifazah Alawiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada atau tidak adanya perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran ekonomi dengan multimedia  dan pembelajaran ekonomi dengan buku teks, (2) apakah pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih efektif dari pada pembelajaran ekonomi dengan buku teks.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen eksperimen semu (quasi eksperimen), yang menghubungkan sebab akibat antara variable yang sengaja ditentukan dengan variable lain, dengan desain pretest posttest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Slawi semester satu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah sepuluh kelas, yaitu kelas X1 sampai X10. Sampel sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas X3dan kelas X2 yang masing-masing terdiri atas 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket, dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua ekor untuk nilai kognitif siswa, dilanjutkan dengan uji t pihak kanan dengan menghitung selisih antara nilai pretes dan postes kelas eksperimen dan kontrol, dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol(thitung > ttabel = 3,343 > 1,68). Penggunaan media pembelajaran multimedia dalam proses pembelajaran ekonomi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif ekonomi yang dimiliki siswa yang lebih baik daripada penggunaan media buku teks. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (eksperimen = 75,0663 > kontrol = 66,0333),  (2) Nilai rata-rata selisih pretes-postes kelas eksperimen kurang atau sama dengan nilai rata-rata selisih pretes-postes kelas kontrol) ditolak (thitung > ttabel = 2,890 > 1,68). Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata selisih pretes-postes kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata pretes-postes kelas control (selisih pretes-postes eksperimen = 20,80  > selisih pretes-postes kontrol = 11,53). Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran ekonomi dengan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan buku teks. 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, multimedia, Prestasi Belajar.  

Full Text:

PDF

References

Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Munif. 2010. Analisis Pengelolaan Pembelajaran Multimedia.

Arief S. Sardiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjo. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad dan Asfah Rahman. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Basuki Wibawa dan Farida Mukti. 1992. Media Pengajaran. Depdikbud Dirjend Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Budiyono. 2004. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman penjaminan Mutu Sekolah/Madra- sah Bertaraf Internasional Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Margono. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press.

Moedjiono, Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto.1990.Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 Tentang Stándar Nasional Pendidikan

Roestiyah, N.K. 1989. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Samuelson, Paul. A., William D. Nordhaus. 1985. Economics Twelfth Edition (edisi terjemahan Modern English Press). Jakarta: Modern English Press.

Smaldino, Sharon, James D. Russel, Robert Heinich, Michael Molenda. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill Prentice Hall,Upper Saddle river, New Jersey colomcus. Ohio.

Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Sudarno. 2000. Pengantar Ilmu Ekonomi. Surakarta: UNS Press.

Sudjana. 2000. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumarno Surapranata. 2005. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdaakarya.

Sutrisno Hadi. 2004. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Liberty.

Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tarigan,H.G. 1985. Pengajaran Kosakata. Bandung : Angkasa.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Udin Syaefudi Sa’ud dan Abin Syamsudin Makmun. 2006. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

http://www.targetmdgs.org diakses pada tanggal 15 Oktober 2010

http://fansmania.wordpress.com diakses pada tanggal 20 Desember 2010

http://file.upi.edu/Direktori diakses pada tanggal 20 Desember 2010

http://unnes.ac.id diakses pada 20 Desember 2010

http://jurnal.unair.ac.id. diakses pada tanggal 17 Januari 2011

www.sman1slawi.sch.id diakses pada 17 Januari 2011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.