PEMANFAATAN LABORATORIUM MULTIMEDIA DALAM PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI MATA PELAJARAN EKONOMI

Endang Titik Trisnaini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pelaksanaan RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun, 2) Kendala yang dihadapi sekolah dalam pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dan upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasinya, 3) Hasil yang diperoleh siswa dari pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun.

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Madiun pada tahun pelajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling pengumpulan data yang diterapkan adalah pengamatan, wawancara/interview, dan mengkaji dokumen arsip. Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah snowball sampling. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisa data dilakukan analisa interaktif yang meliputi: produksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dilaksanakan secara maksimal, yang didukung oleh guru, siswa, dan lingkunagan dalam peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi, (2) Keberadaan media pembelajaran di SMA Negeri 3 Madiun sudah cukup memadai, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan multimedia adalah kurang terampilnya dan kurang optimalnya guru dalam memanfaatkan, (4) Upaya sekolah untuk mengatasi kendala dengan meningkatkan workshop, IHT, dengan bantuan teman dalam satu team, (5) Hasil pemanfaatan laboratorium multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.

Hal-hal yang perlu ditindak lanjuti dari penelitian ini antara lain perlu ditingkatkan sumber daya manusia terutama guru-guru yang berusia diatas 50 tahun dalam memanfaatkan laboratorium multimedia.

Kata kunci: prestasi belajar, pemanfaatan laboratorium multimedia.

Full Text:

PDF

References

Arief S. Sadiman 1994, Media Instruksional dan Kurikulum, Jakarta Depdiknas Pustekom.

Azhar arsyad 2007, Media Pembelajaran, Jakarta Rajawali Press.

Burhan Bungjn 2003, Analisa data Penelitian Kualitatif, Raja Grafindo Persada Jakarta.

Deddy Mulya 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Duffy, J.S.Mc Donald JB & Mizzel, AP. 2003. Teaching Learning with Tecnologi. Boston Pearson Education Inc.

Depdiknas 2006, Sistem Penyelenggara Sekolah Bertaraf Internasional untuk Pendidikan dasar dan menengah Jakarta Depdiknas.

H.J Gino 2000, Belajar dan Pembelajaran 1: Surakarta: UNS Press.

Lexy J Moleong, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif ; Bandung Remaja Rosdakarya offset.

B Nasution, 1992 Metodologi Penelitian Naturalitik-Kualitatif Bandung, Tarsito.

Sukwiaty dkk, 2006, Ekonomi SMA Kelas X, Yudistira.

Syaifuddin Azwar, 1995 Sikap Manusia, Teory dan Pengukurannya (Edisi Kedua), Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Sri Anitah 2008, Media Pembelajaran, Surakarta UNS Press.

Sugiyono 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung Alfabeta.

Suharsimi Arikunto 2008, Prosedur penelitian, Jakarta Rineka Putra.

Sutopo, HB 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta UNS Press.

Sharon E, Smaldino carliset.tga l2 100 2005. Instructionatinal Tecnology and Media For Learning Carlisle Cominication, Ltd

Undang undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Wira Bahari 2009, Peranan Laboratorium Fisika di Perguruan Tinggi dalam proses standardisationPengukur besaran Masa Panjang dan Waktu.

Winkel W.S. 1991. Psikologi Pendidikan, Jakarta Bina Aksara.

Zainal arifin. 1990. Evaluasi Instruksional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.