Analysis of the Use of Wet Cell Electrolyser with Variations of Electrolyte Solutions on Motorcycle Carburetor Emissions System
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan elektroliser tipe sel basah terhadap emisi gas buang sistem karburator sepeda motor (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis larutan elektrolit terhadap gas buang. tingkat emisi sepeda motor sistem karburator. (3) mengetahui bagaimana pengaruh penambahan elektroliser tipe sel basah dengan variasi jenis larutan elektrolit terhadap tingkat emisi gas buang sepeda motor dengan sistem karburator. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret dan di Badan Kerja Praktek Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengujian emisi gas buang mengacu pada SNI 09-7118.3-2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan elektroliser tipe sel basah pada sistem karburator sepeda motor mampu menurunkan emisi gas buang CO dan HC dengan sepeda motor tanpa tambahan elektroliser tipe sel basah dengan pengurangan gas CO sebesar 1,04% persentase penurunan 83,87% dan penurunan gas HC. 414,3 ppm atau persentase penurunan sebesar 28,49%. Penggunaan elektroliser tipe sel basah dengan berbagai solusi menunjukkan bahwa hasil terbaik dalam pengurangan emisi gas buang yang diperoleh dengan campuran larutan KOH 24 gram/liter dengan gas CO 0,1% mengurangi pengurangan gas CO 1,1% atau persentase 88,7% dan gas HC 381 ppm atau pengurangan reduksi 73,86% dibandingkan tanpa menggunakan elektroliser.
Keywords
References
Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. Diperoleh dari https://www.bps.go.id/link/TableDinamis/view/id/1133 Manggala, AA (2019). Pengaruh Penggunaan Tipe Elektroliser dan Jenis Larutan pada Hydrogen Ecco Booster Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Nozel, 01, 37–44. Nabil, T., & Dawood, MK (2019). Dampak penambahan gas oxy-hydrogen (HHO) pada kinerja dan emisi mesin kendaraan. Jurnal Teknik Mesin dan Energi, 3 (2), 177-190. https://doi.org/10.30464/jmee.2019.3.2.177 Pulkrabek, WW (2013). Dasar-Dasar Teknik Mesin Pembakaran Internal. Dalam Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia (Vol. 53, Edisi 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Rahadi, JD, Susastriawan, AAP, Wibowo, H., Mesin, JT, Industri, FT, & Sains, I. (2014). PENGARUH PEMANFAATAN HYDROGEN DARI GENERATOR HHO TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR 4 TAK 100 cc. E-Jurnal Teknik Mesin, 2(1), 2–7. Setiawan, Y., & Salam, F. (2018). Gas Hidrogen Pada Proses Elektrolisis Terhadap Emisi Dan Konsumsi Bahan Bakar. Teknik Mesin Untirta, 4(1), 10–13. Sudirman, Urip. (2008). Hemat BBM dengan Air. Jakarta: Kawan Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.