Pengembangan Media Interaktif Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Suwawal

Salik Manahijassu'ada', Dwi Maryono, Agus Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan serta kelayakan media interaktif berbasis mobile bagi siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab; (2) mengetahui respon pengguna terhadap media interaktif berbasis mobile sebagai media pembelajaran siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket penilaian validasi uji ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa (pengguna). Hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran memperoleh total skor sebesar 88% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil evaluasi ahli materi menunjukkan penerapan media pembelajaran memperoleh total skor 87% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil uji pengguna, aplikasi media pembelajaran interaktif memperoleh skor akhir sebesar 92%, termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Roudlotul Ulum Suwawal.

Full Text:

PDF

References

A. E. Pratiwi, I. Iriaji, dan A. R. Prasetyo, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Animasi ‘Adobe Flash Professional Cs6’ Untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa Smp Negeri 1 Kalibaru Terhadap Pembelajaran Seni Rupa,” JADECS (Journal Art, Des. Art Educ. Cult. Stud., vol. 7, no. 1, hal. 74, 2022, doi: 10.17977/um037v7i12022p74-83.

H. Heryanto, S. B. S. Sembiring, dan J. B. T. Togatorop, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Curere, vol. 6, no. 1, hal. 45, 2022, doi: 10.36764/jc.v6i1.723.

M. Ma’rup dan A. M. Firdaus, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 8, no. 1, hal. 79, 2020, doi: 10.25273/jems.v8i1.6049.

W. Hamer, “Memahami Pola Belajar Generasi Z Sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran IPS di IAIN Metro,” MENDIDIK J. Kaji. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 8, no. 1, hal. 175–183, 2022, doi: 10.30653/003.202281.231.

jurusan teknik mesin L. N. Ikhsanto, vol. 21, no. 1, hal. 1–9, 2020.

N. Hidayanto, “Pengembangan Media Interaktif…, Nur Hidayanto, FKIP, UMP, 2017,” no. 2012, hal. 6–20, 2013.

Ulfayana, “Efektivitas Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar Edgar Dale Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Di Mts Negeri 2 Bulukumba,” Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar, hal. 706, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12012/1/ULFAYANA.pdf

M. Nazar, Z. Zulfadli, A. Oktarina, dan K. Puspita, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Membantu Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 8, no. 1, hal. 39–54, 2020, doi: 10.24815/jpsi.v8i1.16047.

R. A. Setyawan dan W. F. Atapukan, “Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert,” Compiler, vol. 7, no. 1, hal. 54–61, 2018, doi: 10.28989/compiler.v7i1.254.

I. Ernawati, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 204–210, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.

F. Firmadani, “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Konf. Pendidik. Nas., vol. 2, no. 1, hal. 93–97, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

S. Agusty dan V. I. Delianty, “Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Berbasis Android Seventina Agusty 1* , Vera Irma Delianti 2 1,” vol. 7, no. 3, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.