Pengaruh Penerapan Problem-based Learning Terhadap Motivasi siswa SMP
Abstract
Dalam proses pembelajaran di kelas, kebosanan dalam kegiatan belajar dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Sehingga diperlukan pembelajaran dengan metode pembelajaran tertentu seperti problem base learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Base Learning apakah dapat meningkatkan motivasi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan pada pembelajaran Informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Wonotunggal pada model pembelajaran Problem Base Learning, siswa mampu terlibat secara aktif, dan model tersebut merupakan salah satu alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan, yang mana adalah antisipasi untuk memotivasi siswa. Hasil menunjukkan model pembelajaran Problem Base Learning memiliki dampak yang cukup besar terhadap keinginan peserta didik untuk melanjutkan pendidikannya. Siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wonotunggal yang menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning menunjukkan adanya pengaruh terhadap motivasi belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Wonotunggal dapat menginspirasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran Informatika yang dipelajarinya di kelas VII.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.