Evaluasi Penerapan Quizizz dalam Pembelajaran Informatika Menggunakan Gibb's Reflective Learning Cycle

Dianty Arninda

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode yang sederhana masih menggunakan media papan tulis untuk menulis serta power point untuk menyajikan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran guru selalu memberikan pertanyaan supaya peserta didik fokus mengikuti pembelajaran. Namun Ketika anak diberikan pertanyaan cenderung diam dan kurang aktif. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa karena guru memberikan pembelajaran hanya dengan ceramah dan evaluasi belajar hanya menggunakan soal tulis yang membosankan sehingga hasilnya pun masih kurang memuaskan. Supaya kita mengetahui keberhasilan proses pembelajaran maka dapat kita lihat dari sejauh mana siswa dapat menyerap materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami persepsi guru dan peserta didik terhadap penerapan Quizizz sebagai media evaluasi dalam pembelajaran. Harapannya dengan mengetahui persepsi guru dan peserta didik dapat dijadikan landasan untuk meneruskan penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi dalam pembelajaran. Dari penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan Quizizz memiliki peranan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Informatika. Proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, anak lebih mendalami pembelajaran, serta dengan Quizizz akan menumbuhkan sikap kompetitif pada peserta didik. Hal yang sebelumnya tidak terjadi pada interaksi secara langsung. Sebagai evaluasi pembelajaran jumlah evaluasi yang mempengaruhi keaktifan siswa pada pemanfaatan Quizizz.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.