Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Angka dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan fitur AI pada Microsoft Excel Kelas VII di SMP Sinar Dharma
Abstract
Paradigma pembelajaran saat ini menuntut siswa untuk aktif dalam kelas. Sayangnya masih banya siswa tidak aktif dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang aktif dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi perangkat lunak pengolah angka terutama rumus dan fungsi Microsoft Excel 365 dengan memanfaatkan fitur AI (Artificial Intelligence) pada aplikasi Microsoft Excel 365. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Sinar Dharma, Jakarta tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa dalam PTK ini adalah 25 orang. Perolehan data melalui pengamatan dan tes. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasiskan masalah dengan berbatuan fitur AI dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi rumus dan fungsi pada Microsoft Excel untuk kelas VII B SMP Sinar Dharma, meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes untuk menilai hasil belajar siswa, dan melakukan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk melihat respon siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. Berikut adalah hasil yang penulis dapatkan: 1) keaktifan siswa meningkat dari siklus I 60%, menjadi 75,3% pada siklus II, 2) respon siswa menyenangi penerapan fitur AI pada perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel pada siklus I 56% meningkat pada siklus II menjadi 72%, 3) peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 60% menjadi 76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan AI pada Microsoft Excel 365 dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Hassoun A, Aït-Kaddour A, Abu-Mahfouz AM, Rathod NB, Bader F, Barba FJ, et al. The fourth industrial revolution in the food industry—Part I: Industry 4.0 technologies. Crit Rev Food Sci Nutr [Internet]. 2022;0(0):1–17. Available from: https://doi.org/10.1080/10408398.2022.2034735
Boden MA. Creativity and artificial intelligence. Artif Intell. 1998;103(1–2):347–56.
Prastiwi CHW, Pujiawati N. Penggabungan Artificial Intelligence dan Kecerdasan Alami dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Pros Semin Nas Pascasarj. 2019;1–7.
Widiyanto H. Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rumus dan Fungsi Microsoft Excel. DWIJA CENDEKIA J Ris Pedagog. 2019;3(2):156.
Nurdiansyah, dan Amalia F. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida. 2018;1:1–8.
Redhana IW. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. J Pendidik dan Pengajaran. 2013;46(1):76–86.
Ariesanti (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2014;1(c):41–51.
Ngatmiyatun B. Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office 365 Melalui Pelatihan Dan Simulasi Pada Guru Sekolah Dasar. J Kewarganegaraan. 2021;5(1):77–85.
Mandasari NA. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. J Paedagogy. 2021;8(3):328.
Koten FPN, Jufriansah A, Hikmatiar H. Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. J Ilmu Pendidik STKIP Kusuma Negara. 2022;14(1):72–84.
Arikunto Suharsimi. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. [Internet]. Jakarta: Rineka Cipta. 2013. p. 172. Available from: http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880
Alhamid T, Anufia B. Instrumen Pengumpulan Data. NewsGe. 2019;1–20.
Takeuchi T, Otagiri T, Sakagami H, Kondo T, Mizutani U, Sato H. Ï 12 … 1 /. 2004;144202(1):1–7.
Kern J. Implementation of new technology - The regulator’s perspective. SAE Tech Pap. 1990;7:5–9.
Prayogo S. Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. J Basicedu. 2022;6(5):7934–40.
Isma TW, Putra R, Wicaksana TI, Tasrif E, Huda A. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2022;6(1):155.
Wiyono S, Bakti VK, Intan D. PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU SMK DALAM PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE 365 Salah Satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tegal adalah SMK paket lengkap berupa Word , Power Point , Outlook , Excel , Acces dan Publisher ( Ferdiana et al ., 2013 ). Pada Office 365. 2022;6(1):780–90.
S.Sn., M.Hum DS, Icchanti K. Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo. J Pendidik. 2021;30(1):67.
Yermiandhoko Y. Strategi Pemanfaatan Dan Efektifitas Platform Digital Microsoft Office 365 Sebagai Model Pembelajaran Interaktif Di Masa …. EjournalUnesaAcId [Internet]. 2003;(20):1150–9. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47034%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47034/39427
Rahmadi F. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Microsoft Excel melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MAN 2 Yogyakarta. J Pendidik Madrasah [Internet]. 7:39–44. Available from: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/5283%0Ahttp://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/download/5283/2350
https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media
Refbacks
- There are currently no refbacks.