ANALISIS KREATIFITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kreativitas siswa dalam pembelajaran desain grafis percetakan pada masa pendemi, (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam pembelajaran desain grafis percetakan pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI multimedia salah satu SMK Negeri di Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 6 orang. teknik penentuan partisipan dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, angket dan wawancara. teknik analisis yang digunakan adalah teknik interaktif, teknik interaktif mempunyai empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Kreativitas siswa dalam pembelajaran desain grafis percetakan pada masa pandemi cukup memuaskan dimana 3 dari 6 siswa memiliki kreativitas sedang dan 3 siswa lainya memiliki kreativitas tinggi sedangkan dari 4 indikator kreativitas yang ada siswa mampu memenuhi 3 indikator kreativitas yaitu indikator berpikir lancar, berpikir luwes, dan berpikir orisinil namun terdapat 1 indikator yang belum terpenuhi yaitu indikator berpikir terperinci. (2) terdapat empat faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam pembelajaran desain grafis percetakan selama pandemi yaitu bakat, kemampuan, sikap dan motivasi.
Full Text:
PDFReferences
A. Djuned, M. W. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN PRESENTASI TUTORIAL DENGAN PROGRAM ADOBE ILLUSTRATOR TERHADAP HASIL BELAJAR BERUPA PRODUK MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA MATERI ILUSTRASI KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 12 SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Rismen, S., Juwita, R., and Devinda, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif. Jurnal Gantang, 5(1), 61-68. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579
Satriana, N., Yusran, Abdul Majid, B. (2019). PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SCRATCH DAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 41-49. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4722
Ufie, A. (2011). Kearifan Lokal (local Wisdom) Budaya Ain Ni Ain Masyarakat Kei Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Untuk Memperkokoh Kohesi Sosial Siswa. Retrieved from http://repository.upi.edu/2509/
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.