Pengaruh Strategi Practice Rehearsal Pair Dalam Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Kreativitas Dan Collaboration Skill Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Febri Candra Nur Baiti, Basori Basori, Cucuk Wawan Budiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan kreatifitas siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Practice Rehearsal Pair; (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan collaboration skill siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Practice Rehearsal Pair. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan true experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan kreatifitas siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Practice Rehearsal Pair (Sig.=0.000 <0.05); (2) terdapat perbedaan kemampuan collaboration skill siswa pada penerapan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Practice Rehearsal Pair (Sig.=0.000 <0.05).

Full Text:

PDF

References

Baruah, J., & Paulus, P. B. (2019). Collaborative Creativity and Innovation in Education. 155–177.

https://doi.org/10.1007/978-3-319-90272-2_9

Burke, C., Luu, R., Lai, A., Hsiao, V., Cheung, E., & Tamashiro, D. (2020). International Journal of Active

Learning Making STEM Equitable : An Active Learning Approach to Closing the Achievement Gap.

(2), 71–85.

Framework for 21st century learning. (2015). 2 1 S T C E N T U R Y S T U D E N T O U T C O M E S. P21

Partnership for 21st Century Learning, 2. Retrieved from

http://www.p21.org/storage/documents/1.__p21_framework_2-pager.pdf

Hendra Gunawan Saputra, Z. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PADA

MATA KULIAH MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA

DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Teknologi Pendidikan, 3(April), 11–19.

Romero, M., Hyvonen, P., & Barbera, E. (2012). Creativity in Collaborative Learning across the Life Span.

Creative Education, 03(04), 422–429. https://doi.org/10.4236/ce.2012.34066

Uska, M. Z. (2017). The Application of Practice Rehearsal Pairs Learning Model toward Basic Programming

Learning Outcomes. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika.

https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.945

Utami, N. A., & Mustadi, A. (2019). The Application of Practice Rehearsal Pairs ( PRP ) Method to Develop

Inquisitiveness of Learning in Students. 2019, 269–279. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3908

Xiao, Y., Chang, Z., & Liu, B. (2019). An efficient active learning method for multi-task learning.

Knowledge-Based Systems, (xxxx), 105137. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2019.105137

Zaini, H. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS,

–9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.