KREATIVITAS PEMBELAJARAN DARING UNTUK PELAJAR SEKOLAH MENENGAH DALAM PANDEMI COVID-19
Abstract
Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring). Dengan menggunakan sistem daring teknologi mendorong siswa agar bisa lebih inovatif dan kreatif dalam belajar (student centered learning).penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis wawasan lebih tentang pendidikan kreatif melalui media pembelajaran daring yang berhadapan langsung di masa pandemic covid-19. 2) Mendeskripsikan seberapa tinggi kekreatifan peserta didik dalam berpikir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian referensi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan waktu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode komparasi konstanta. Hasil penelitian ini ada dua 1) Mengetahui pentingnya kreativitas siswa dalam pembelajaran daring 2) Strategi mengatasi masalah bagi siswa yang memiliki keterbatasan ruang untuk memperoleh kreativitas pendidikan daring di saat pendemi covid-19
Kata kunci: covid-19, kreativitas , pembelajaran daring
Full Text:
PDFReferences
Wahyuaji N.R, dan Suparman. 2018. Deskripsi Keutuhan Media Pembelajaran ELearning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 3, 194-199.
Grainger, Teresa, Jonathon Barnes, dan Stephen Scoffham. 2007. A Creative Cocktail : Creative Teaching In Initial Teacher Educattion. Journal of Education for Teaching, 30, 243-253.
Fatmah, dan Arif Hidayad. 2019. Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika. Kreano, 10(1), 1-9.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif, 2(1), 55-61.
Taufik, dan Eka Avianti Ayuningtyas. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32.
Smyrnaiou, Zacharoula, Eleni Georgakopoulou, dan Sofoklis Sotiriou, 2020. Promoting a mixed-design model of scientific creativity through digital storytelling-the CCQ model for creativity. Springer Link, 7(25).
Hashimi, Samaa Al, Ameena Al Muwali, Yasmina Zaki, dan Nasser Mahdi. 2019. The Effectiveness of Social Media and Multimedia-Based Pedagogy in Enhancing Creativity among Art,Design, and Digital Media Students. Learn Tech Lib, 14(21), 176-190.
Sandi, Novie Varahdilah. 2020. Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Biomatika, 6(1), 79-87.
Swandewi, Ni Luh Putu, I Nyoman Gita, dan I Made Suarsana. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir kreatif Siswa SMA. Jurnal Elemen, 5(1), 31-42.
Daffa Elang hendra Al banna. 2020. Media Pembelajaran yang Menjadi Online Selama Pandemi Covid-19 :
https://www.kompasiana.com/daffaelanghendra9816/5eb6b390097f3664a63c3df2/media-pembelajaran-yang-menjadi-online-selama-pandemi-covid-19
Nurul Usrotun Hasanah, SE,M.PD 2015. Peran Media Dalam Pembelajaran [Artikrl]. Diakses dari;
https://www.kompasiana.com/nurulusrotunhasanah/55595fad6523bd0c74c07264/peran-media-dalam-pembelajaran
Aan Hansanah, Ambar Sri Lestari, Alvian Yunuar Rahman, dan Yudi Irfan Danil 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. Diakses dari;
http://digilib.uinsgd.ac.id/30565/1/KTI%20Kelompok%201%20FTK.pdf
Waty, N, L. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 1 Bulan Januari Tahun 2018 Halaman: 9-14. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10353/4969
Ricardo, R. (2014). TINGKAT KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DIVERGEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.2, No.2, hal 141 – 151.https://erikvalentinomath.files.wordpress.com/2015/03/3912-8651-1-sm.pdf
Sambada, D. (2012). PERANAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Vol 2, No 2 (2012). Hal 37-47. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/167
Suciati. (2018). PENGEMBANGAN KREATIVITAS INOVATIF MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL. Jurnal Pendidikan, Volume 19, Nomor 2, September 2018, halaman 146-155.Universitas Terbuka. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/181
Sunarto. (2018). PENGEMBANGAN KREATIVITAS-INOVATIF DALAM PENDIDIKAN SENI MELALUI PEMBELAJARAN MUKIDI. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA 8 (2) (2018). Hal 107-113. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/2348/1347
Tekeng, Y, N.St. (2016). PROMOSI PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN. LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 19 NO. 1 JUNI 2016. Hal 90-99. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/2072
Vera, M. (2019). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VSDN SIDOREJO LOR V SALATIGA. MAJU, Volume 6 No. 1, Maret 2019 Page : 11-21. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/299
Refbacks
- There are currently no refbacks.