PERBEDAAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO DENGANPEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL BAGI SISWA KELAS X SMK (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN)

Syifa Fauziyah, Basori Basori, Taufiq Lilo Adi Sucipto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata belajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. (2) Keefektivan penggunaan e-learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) yang terdiri dari 3 kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode Random Sampling, penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental Design With Pretest-Posttest and Control Group. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikasi 0.05. Sedangkan untuk mengetahui kategori gain menggunakan rumus Ricard R. Huke. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut ini, (1) ada perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen yang ditunjukan oleh p-value sebesar 0,000<0,05. (2) Penggunaan e-learning berbantuan edmodo efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai gain masing-masing kelas, untuk eksperimen memiliki nilai gain sebesar 0,647 dan kelas kontrol memiliki nilai gain sebesar 0,425. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-learning berbantuan edmodo lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : E-Learning, Edmodo, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Amin, Rafqi. (2014). Sistem Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, S . (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar–dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariante dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Islam, Aminul., dkk. (2011). Effect of Demographic Factors on E-Learning Effectiveness in A Higher Learning Institution in Malaysia. Jurnal Internasional Education Studies Volue 4, Nomor 1. Diperoleh 11 Desember 2015, dari http://ccsenet.org/ies

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rizando, Riza. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Enquiring Minds Terhadap Hasil Belajar

Motor Otomotif Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 5 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

SEAMOLEC. (2013). Buku Sumber Simulasi Digital Versi September 2013. SEAMOLEC

Susilana, Rudi. & Cepi. (2009). Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar Cetakan II. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Yudhi, Setyono, Evin. (2015). Pengaruh Penggunaan media Jejaring Sosial Edmodo terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Topik Pembuatan Kurva-s Mengguanakan Microsoft Excell. Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol 5, No.1. Diperoleh 26 Februari 2016, dari http://p3m.pnb.ac.id

Zanin, Ahmad. (2014). Efektifitas Penerapan E-learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Jurnal ISSN : 20869436 Volue 7, Nomor 1. Diperoleh 26 Februari 2016, dari http://library.stmikdb.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.