PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI DAN CLI PADA SISWA KELAS X TKJ DI SMK N 1 SAWIT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa dalam Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI ( Graphical User Interface) dan CLI ( Command Line Interface) kelas X TKJ SMK N 1 Sawit. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing – masing siklus dilakukan dengan empat tahapan, yaitu : (1) tindakan perencanaan; (2) tindakan pelaksanaan; (3) tindakan observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 3 di SMK N 1 Sawit sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, observer dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, instrumen tes dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi instalasi sistem operasi berbasis GUI dan CLI. Hal ini terbukti dari fakta – fakta hasil sebagai berikut : (1) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan pada pra siklus sebesar 32,35% menjadi 58,82% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. (2) Kompetensi siswa dalam pembelajaran terdisi dari 3 ranah yaitu masing – masing ranah meengalami peningkatan sebagai berikut : (a) Ranah Kognitif dari pra siklus sebesar 11,76% menjadi 26,47% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi sebesar 47,05%. (b) Ranah Afektif dari pra siklus sebesar 32,35% menjadi 53,29% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 76,47%. (c) Ranah Psikomotorik dari pra siklus sebesar 44,11% menjadi 79,41% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%.
Kata kunci : Project based learning, Aktivitas dan Kompetensi, Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface) dan CLI ( Command Line Interface
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Astuti, R.P. & Junaedi, I. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, S.B. & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Eka ikhsanudin. (2014). Model Pembelajaran project based learning. Diakses dari http://www.ekaikhsanudin. net/2014/09/modelpembelajaran-projectbased.html. Pada tanggal 19 April 2016, jam 08.58 WIB.
Hanafiah, Nanang & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, O (2008). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika
Hardini, I. & Puspitasari, I (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Familia Pustaka Keluarga.
Jihat, A. & Haris, A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kamdi, W . (2008). Project based learning: Langkah – langkah pembelajaran dalam Project based learning : Universitas Negeri Malang.
Lusi, S. & Amold, R (2013). Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas . Yogyakarta: Andi Offset Maliawan, N., Arsa, P.S., &
Ariawan, K.U (2014/2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL Pada Siswa Kelas X SMA, Jurnal Penelitian Pendidikan. Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan ( Fisika Terapan) Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukasaa Tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Penelitian Pendidikan
Mulyasa. (2011). Prakteik Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Melalui PBL Pada Siswa Kelas X SMA, Jurnal Penelitian Pendidikan, 42 (2)
S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebak Kramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Paedagogia : Jurnal Penelitian Pendidikan, 4 (1) 74 - 81
Siyamta. (2013). Sistem Operasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suradji. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan (UNS Press).
Suwarto,WA. (2014). Model – Model Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Hidup. Surakarta : Pelangi Press
Tim penyusun. (2012). Pedoman Wena, M (2013). Prinsip – Prinsip Penulisan Skripsi. Pembelajaran Project based Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.