DAMPAK SOCIAL DISTANCING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI PASAR TRADISIONAL SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Pasar Gede Hardjonagoro Surakarta)

Ariska Putri Nurjanah, Argyo Demartoto

Abstract


virus diseases (covid-19) yang memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, budaya, dan masih banyak lagi. Salah satu aspek ekonomi yang terkena dampak pandemi covid-19 adalah pasar. Pasar  Gede  Hardjonagoro  adalah  pasar  terbesar  di  Kota  Surakarta  yang  tidak hanya memiliki fungsi sebagai sarana berlangsungnya aktivitas jual beli,  tetapi  juga  menjadi  salah  satu  destinasi  wisata  Kota  Surakarta. Untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui pasar, maka dibentuklah kebijakan social distancing atau jaga jarak sosial di Pasar Gedhe. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan kebijakan social distancing di Pasar Gedhe dan (2) mengetahui dampak social distancing terhadap interaksi sosial masyarakat yang meliputi superordinasi dan subordinasi, pertukaran, dan konflik di Pasar Gede selama pandemi covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus dengan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sumber data berasal dari Kepala Dinas Pasar Gedhe, penjual dan pembeli di Pasar Gedhe dengan total 6 informan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pasar Gedhe dalam menerapkan kebijakan social distancing melakukan beberapa hal yaitu penutupan Pasar Gedhe selama sepekan, pengurangan jam operasional, membentuk petugas covid-19, memberikan sanksi bagi pelanggar, dan juga memberikan bantuan kepada penjual dan pembeli di pasar. (2) Dampak yang terjadi di Pasar Gedhe yaitu (a) superordinasi dan subordinasi meliputi Pasar Gedhe menjadi sepi pengunjung, pembeli menjadi tidak leluasa dalam bertransaksi, dan penjual mengalami penurunan pendapatan 50% lebih; (b) Pertukaran yaitu terjadinya perubahan metode dalam melakukan transaksi jual beli; (c) Konflik meliputi munculnya konflik antara dinas pasar (satpam), penjual, dan pembeli di Pasar Gedhe.

Kata kunci : Pandemi covid-19, social distancing, interaksi sosial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v4i2.52556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues