KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN PETANI

Intan Purnama Sari, Ahmad Zuber

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kearifan lokal dalam sistem produksi pertanian dalam membangun ketahanan pangan petani di Desa Pascarejo. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem produksi pertanian yang dilakukan oleh petani merupakan hasil dari adaptasi lingkungan alam serta pengalaman bertani yang telah dilakukan bertahun- tahun lamanya. Melalui kearifan lokalnya, petani memiliki strategi-strategi yang dilakukan untuk membangun ketahanan pangan keluarga. Faktor pendukung adanya kelompok tani sebagai wadah pemberdayaan petani dalam membahas masalah pertanian, sedangkan faktor penghambat adalah terbatasnya ketersediaan air. Melalui kearifan lokalnya, petani di Desa Pacarejo dapat membangun ketahanan pangan keluarga.


Full Text:

PDF
rticle

References


Sukari., B.H.S. Purwana, dan Mudjijono. 2016. Kearifan Lokal Dalam Membangun Ketahanan Pangan Petani Di Desa Lencoh, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Anonim. 2016. Perkembangan Produksi Komoditas Pangan Penting Tahun 2012 – 2016. BKP. Jakarta.

Khalimi, Farik dan Zaenal Kusuma. 2018. Analisis Ketersediaan Air Pada Pertanian Lahan Kering di Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan 5(1): 721-725.

Ritzer, George dan G. J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v3i2.45768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues