Penerapan Modul Elektronik Sigil pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Kedisiplinan Peserta Didik

Febri Cahyo Pujiyanto, Rini Budiharti, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

This action research has the aim of (1) Improving students' knowledge ability through the application of scientific-based sigil electronic modules on Static Fluid material, (2) Increasing student discipline through the application of scientific-based sigil electronic modules on Static Fluid material. The research design is classroom action research (PTK) model Kemmis and Mc. Taggart model through two cycles. Data collection techniques used include observation techniques, tests, checklists, interviews and document reviews. Then the data analysis technique consists of qualitative and quantitative analysis. To test the validity of the data using triangulation techniques. The results showed that the application of Sigil electronic modules based on scientific material on Static Fluid was able to improve the knowledge and discipline skills of XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura students. The percentage of knowledge ability completeness increased from 41.67% during the pre-cycle stage, to 61.11% in cycle I, and reached 91.67% in cycle II. The percentage of students' discipline achievement also increased. In the pre-cycle of 36 students, there were no students with good and very good discipline categories, increasing to 26 students with good and very good discipline and to 33 students in cycle II.

Keywords

static fluid; electronic module; scientific approach; Sigil Software

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas x sma ananda batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90.

Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan pengetahuan prosedural menggunakan model discovery terbimbing dengan model inquiry terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156-161.

Arkundanto, A. (2007). Pembaharuan dalam pembelajaran fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aulia, A. (2012). Pembelajaran kooperatif tipe tgt untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar matematika siswa kelas iv sd gugus 1 kecamatan mengwi tahun pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology, 1(3), 158.

Azwar, S. (2015). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran belajar (II).Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 46-62.

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di sekolah dasar aceh besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 63-71.

Erviani, F. R., Sutanto, & Indrawati. (2016). Model pembelajaran instruction, doing, dan evaluating (mpide) disertai resume dan video fenomena alam dalam pembelajaran fisika di sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53-59.

Khaerunisa, f., Sarwi, & Hindarto, N. (2012). Penerapan better teaching and learning berbasis pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan berpikir logis dan keaktifan siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 32-37.

Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan e-modul sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 191-202.

Pinilih, F. W., Masykuri, M., & Suparmi. (2016). Pengembangan modul elektronik fisika berbasis salingtemas materi pemanasan global untuk siswa sma/ma Kelas XI. Jurnal Inkuiri, 5(2), 143-155.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar ipa siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Sari, A. S. (2016). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies dan candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46-94.

Sriyanti, A., Latuconsina, N. K., & Amin, R. (2022). Pengembangan e-modul berbantuan software sigil dengan pendekatan kontekstual pada materi program linear peserta didik kelas xi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 300-313.

Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran k-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suliman, Sarwanto, & Suparmi. (2017). Pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dan demonstasi ditinjau dari kemampuan analisis siswa. Jurnal Inkuiri, 6(1), 21-30

Suryono, & Haryanto. (2012). Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas viii pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pembelajaran kooperatif tgt. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1298-1307.

Susianah, & Hidayat, M. Y. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas mia sman 1 marioriwawo kabupaten soppeng. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 157-161.

Sutrisno. (2006). Hakikat fisika dan pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.