Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan Soal Fisika Ulangan Tengah Semester Kelas XI MIPA

Ansita Diah Destiara, Dwi Teguh Rahardjo, Sri Budiawanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan profil kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Warga Surakarta tahun pelajaran 2019/2020, (2) menganalisis profil penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Warga Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah studi kasus dan dilakukan pada kelas XI MIPA SMA Warga Surakarta. Subjek penelitian dipilih sebanyak 8 siswa dari24 siswa kelas XI MIPA 1 dengan teknik sampling bertujuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, pengambilan dara dari lembar jawab tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan antara data hasil UTS, hasil observasi guru dan siswa, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan : (1) profil kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Warga Surakarta dalam menyelesaikan soal fisika ulangan tengah semester tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan kriteria Newman adalah Kesalahan reading (3,84%), Kesalahan comprehension (20,18%), Kesalahan transformation (50,23%), Kesalahan process skill (58,65%),  dan Kesalahan encoding (73,07%). (2) Penyebab dari terjadinya kesalahan yang dialami siswa kelas XI MIPA 1 SMA Warga Surakarta tahun pelajaran 2019/2020 adalah tidak teliti saat membaca soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lupa konsep materi, lupa persamaan yang digunakan, dan mengalami kesalahan pada tahapan sebelumnya

Keywords

analisis kesalahan; faktor penyebab; newman; soal ulangan tengah semester

References

Hastuti, I., Surantoro, & Rahardjo, D. T. (2010). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi pokok kalor pada siswa kelas x SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2.

Ilma. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada materi gelombang cahaya kelas xi mia SMA negeri 2 surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diperoleh pada 19 Februari 2020.

Juwariyah, S., Prihandono, T., & Sudarti. (2018). Analisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi listrik statis di MAN 6 jombang. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3):255-262.

Rufaida, S. A., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2012). Profil kesalahan siswa sma dalam pengerjaan soal pada materi momentum dan impuls. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 137-146.

Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1):5-8.

Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. (2019). Kesalahan umum pada penyelesaian soal cerita materi getaran, gelombang, dan bunyi : aplikasi newman error analysis. Natural Science Education Research, 2(2):159-165.

Suroso. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal fisika termodinamika pada siswa SMA negeri 1 magetan. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 4(1):8-18.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial. Jurnal "Mosharafa", 7(1):13-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.