Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis VAK Learning

Stefanni Viga Gracia Permatasari, Pujayanto Pujayanto, Ahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan spesifikasi karakteristik e-modul pembelajaran fisika pada materi gelombang bunyi dan cahaya yang dibuat menggunakan aplikasi Genially yang berkriteria baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan yang didasarkan pada model ADDIE. Prosedur pengembangan hanya dilakukan sampai tahap ketiga dari lima tahap yaitu tahap analysis, design, dan development. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data kuantitatif yang diperkuat dengan data kualitatif. Sumber data kuantitatif didapatkan dari 2 orang ahli yang memvalidasi e-modul, 3 orang guru ahli mata pelajaran fisika dan 90 mahasiswa dari 3 sekolah yang berbeda untuk menilai modul dari aspek materi, tampilam media, dan bahasa menggunakan angket. Sedangkan sumber data kualitatif didapatkan dari hasil komentar reviewer. Kesimpulan penelitian pengembangan ini yaitu: hasil pengembangan e-modul pembelajaran materi gelombang bunyi dan cahaya ini memenuhi kriteria sangat baik menurut hasil validasi dosen ahli dan penilaian guru dan siswa di Kabupaten Blora. E-modul dikategorikan sangat baik berdasarkan hasil penilaian ahli yang menunjukkan rata-rata nilai 146 dari nilai maksimal 160. Kemudian untuk uji coba yang dilakukan dengan nilai maksimal aspek materi 8, aspek tampilan media 8, dan aspek bahasa 4 mendapatkan hasil nilai rata-rata untuk aspek tampilan media 7,71, aspek materi 7,76, dan aspek bahasa 3,60.

Keywords

E-modul, VAK Learning, Genially, Gelombang Bunyi dan Cahaya.

References

Budiyono. (2018). Pengantar metodologi penelitian pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Fauzi, A. (2015). Pemanfaatan simulasi gerak peluru dengan aplikasi spreadsheet. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 259

Gall, M. D., & Brog, W. R. (2003). Educational research an introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Hasyim, A. 2016. Metode penelitian dan pengembangan di sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Husono, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis adobe flash CS6 pada materi pokok fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika,.4 (4), 202.

Luthfi, K. (2020). Genially. Retrieved from https://view.genial.ly/: https://view.genial.ly/5f1a54a389780e0d76e69f52/presentation-elektroda-las-dan-salutan

Prihadi, B. (2014). Penerapan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. In House Traning Implementasi Kurikulum 2013 di SMPN 8 Kota Pekalongan, 4.

Priyayi, D. F. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah atas (SMA) di salatiga dan kabupaten semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 88.

Samudra, G. B. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di kota singaraja dalam mempelajari fisika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 32.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vestal. (2020). Creating presentation with genially. Diambil kembali dari genial.ly: https://www.genial.ly/?gclid=CjwKCAiAgc-ABhA7EiwAjev-j_uUjLhgQWsNGlQSQ0fpLXCEw1OEcJn2pa7nC_3uaA6PeuLm8pvyvBoC3CkQAvD_BwE

Refbacks

  • There are currently no refbacks.