Eksperimentasi Time Token Arends Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Keterampilan Proses Sains

Agustia Wahyu Tri Anggraeni, Nonoh Siti Aminah, Sukarmin Sukarmin

Abstract

Penelitian bertujuan mendapati, (1) ada/tidaknya beda pengaruh antara pembelajaran Time Token Arends dengan metode demonstrasi dan eksperimen terhadap kemampuann kognitif Fisika materi Gelombang Bunyi dan Cahaya, (2) ada/tidaknya ditemukannya beda antara ketrampilan proses Sains siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (3) ada pengaruh/tidaknya interaksi penggunaan model pembelajaran Time Token Arends dan ketrampilan proses Sains siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika. Penelitian menerapkan metode eksperimen quasi desain faktorial 2x3. Populasi dari siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dari teknik cluster random sampling dan yaitu kelas XI MIPA 2 berjumlah 35 siswa yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu XI IPA 3 sebanyak 35 siswa. Data dianalisis menerapkan anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa: (1) terbukti ada beda  pengaruh antara penggunaan model Time Token Arends melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa Cahaya (Sig. 0,047 < 0,05), (2) terindikasi adanya perbedaan pengaruh keterampilan proses sains tinggi, sedang hingga rendah terhadap kemampuane kognitifnya   Fisika  (Sig. 0,012 < 0,05), (3) tidak ditemukannya interaksi antara pengaruh penggunaan model TTAmelalui metode pembelajaran dan ketrampilan proses sains iswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Sig. 0,993 > 0,05). 

 

Keywords

Model Time Token Arends, Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi

References

Arif Rohman. (2009). Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Arends, R. (2004). Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka

Dwijono Dwijono, Widha Sunarno, Sugiyarto. (2013). Pembelajaran biologi dengan pendekatan starter eksperimen (PSE) melalui inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi ditinjau dari keterampilan proses sains dan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan IPA Inkuiri, 2 (2), 125-132.

Mauliza, Wulan., Muhibbuddin, & Asiah,. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token arendsterhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di SMA negeri 5 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1 (1), 1-9.

Ndraha, Ignasius Marvinus & Sukardiyono, Sukardiyono. (2016). Perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan metode eksperimen pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2009-2010, Hlm. 58. LPPM UNY.

Pantas, Elfrida Farinita,& Sumadi. (2016). Pengaruh metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3 (1), 87-94.

Roestiyah. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Salamah,Ummi., & Mursal. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan metode eksperimen berbasis inkuiri pada materi

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.

Setiawan,G.C., Suprihati,T., & Astutik,S. (2012). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai media komputer makro media flash. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 1 (3), 291.

Siwi Puji Astuti. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Formatif , 5(1): 68-75.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wati, Widya , Novianti. (2016). Pengembangan rubrik asesmen keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 131-140.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.