Pengaruh Model SAVI dan VAK dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Gaya Belajar

Ratih Kumala Dewi, Widha Sunarno, Sri Budiawanti

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model SAVI dan VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi. (2) Mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara gaya belajar peserta didik auditorial, visual, dan kinestetik terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi. (3) Mengetahui ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta ditinjau gaya belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Penelitian kuantitatif ini dengan metode eksperimen dua kelas dengan desain faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan analsis variansi dua jalan. Sehingga diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan antara penggunaan model SAVI dan VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kongitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi (Fobservasi = 5,373 > Ftabel = F0,05;1;60= 4,00). (2) Ada perbedaan antara gaya belajar  auditorial, visual, dan kinestetik terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi  (Fobservasi = 3,651 > Ftabel = F0,05;2;60 = 3,15). (3) Tidak ada interaksi pengaruh penggunaan model SAVI dan model VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif peserta didik  kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik (Fobservasi = 1,335 < Ftabel = F0,05;2;60 = 3,15).

 

Keywords

Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI), Model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), Kemampuan Kognitif Fisika, Gaya Belajar

References

Arifianasari, L. (2010). Perbedaan prestasi belajar bidang studi bahasa inggris ditinjau dari gaya belajar pada siswa SMPN 1 waru. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2) , 168-174.

Budiyono. (2009). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UPT Penebitan dan Pencetakan UNS Press.

DePorter, B., & dkk. (2008). Quantum teaching (mempraktekkan quantum learning di ruangruang kelas). Bandung: Kaifa.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Istyowati, A., & dkk. (2017). Analisis pembelajaran dan kesulitan siswa SMA kelas XI terhadap penguasaan konsep fisika. Prosiding Seminar Nasional III, pp. 237-243. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulistyorini, M. F. (2012). Belajar dan pembelajaran membantu meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Tajudin, Alghadari, F., & Rifki, A. J. (2016). Efektivitas pendekatan somatik, audio, visual, dan intelektual dalam meningkatkan hasil belajar pecahan. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) 6(2), 61-67.

Widodo, S., & Utami, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.