Analisis Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Ujian Sekolah di SMAN Gondangrejo

Puput Cahyo Setiyo Nugroho, Dwi Teguh Rahardjo, Daru Wahyuningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal uraian Ujian Sekolah Berstandar Nasional SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data utama penelitian ini adalah jawaban siswa dalam mengerjakan USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 dan data pendukung lainnya adalah nilai hasil USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 serta hasil wawancara dengan guru fisika SMA Negeri Gondangrejo. Penelitian ini menggunakan subjek 30 peserta didik kelas XII MIA 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi data.  Metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode Newman Eror Analysis (NEA) dengan prosedur Miles & Hubermen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil kesalan siswa sebagai berikut: 1) Kesalahan Comprehension sebesar  35,11%, tergolong Cukup Tinggi; 2) Kesalahan Transformation sebesar 45,33%, tergolong Tinggi; 3) Kesalahan Process Skill sebesar 49,11%, tergolong Tinggi; 4) Kesalahan Encoding sebesar 50,00%, tergolong Tinggi. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu: tidak memahami materi secara menyeluruh; salah menerjemahkan maksud dalam soal; lupa persamaan matematis; kurang latihan variasi soal; kemampuan siswa yang lemah dalam perhitungan matematis; terburu-buru dan kurang teliti.

Keywords

Analisis Kesalahan; Ujian Sekolah Berstandar Nasional; Newman

References

Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students' errors in solving higher order thinking skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133. Diperoleh 15 Februari 2020, dari https://www.researchgate.net/profile/Abdul_Ab dullah10/publication

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Diperoleh 20 Februari 2020, dari http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/perat uran1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20- tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan- nasional

Eveline, S., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Freedman. (2002). Fisika universitas. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2017). Studi pendahuluan pada upaya pengembangan laboratorium virtual bagi calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 140-145.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS indonesia (trends in international mathematics and science study). Dalam Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Diperoleh 20 Ferbuari 2020, dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/vi ew/1096

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isnaini, D.S, Sugiarti, T.,Indah, K. (2013). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowballthrowing untuk mengurangi kesalahan menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa kelas X SMK negeri 1 jember tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, 4(3), 91-102.

Jamal, Fakhrul. (2014). Analisis kesulitan siswa dalam pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA muhammadiyah meulaboh johan pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1). Diperoleh 25 Maret 2020, darihttps://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index. php/mtk/article/view/426

Juniar, N., Ningsih, K., Panjaitan, P., & Ganda, R. (2014). Pengaruh tipe tes dan kemampuan kognitif terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah di SMP. Disertasi Doktor, Tanjungpura University, Papua. Diperoleh dari https://core.ac.uk/download/pdf/289717371.pdf

Kanginan, Marthen. (2013). Fisika untuk SMA/MA kelas X. Cimahi: Erlangga.

Kemendikbud. (2019, Agustus 15). Laporan hasil ujian nasional. Diperoleh dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Khaidir, C., & Rahmi, E. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas X 2 SMAN 1 salimpaung berdasarkan metode kesalahan newman. Proceeding Iain Batusangkar, 1(2), 103-110.

Lestari, M. Y. (2018). Analisis keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fisika dasar i terhadap mahasiswa pendidikan fisika uin raden intan lampung. Disertasi Doktor, UIN Raden Intan Lampung, Lampung. Diperoleh dari http://repository.radenintan.ac.id/3107/

Moleong, L. J. (2002). Metodologi kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan bangun ruang berdasarkan newman’s error analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan spasial. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4). Diperoleh dari https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10672

Nasution, F. H. (2019). Efektivitas penggunaan pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA negeri 2 padangsidimpuan. Jurnal Physedu (Physics Education), 1(1), 21-21.

Nursikin, M. (2018). Eksistensi madrasah dan sekolah islam sebagai lembaga pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional (studi kasus di MAN yogyakarta III dan SMA muhammadiyah 1 yogyakarta). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 27-58.

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment. Diperoleh dari http://oecd.org

Patton, MQ. (1990). Qualitative evaluation methods. SAGE : Beverly Hilss

Prakitipong, N., and Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in thailand using newman procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), Diperoleh dari https://home.hiroshima-u.ac.jp/cice/wp- content/uploads/2014/03/9-1-9.pdf

Priyambodo dan Jati, Bambang. (2009). Fisika dasar untuk mahasiswa komputer dan informatika. Yogyakarta: Andi.

Rohmah, M dan Sutiyarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory nemwan. EURASIA Journal Mathematic Science and Technology Education 14(2), 671-681. Diperoleh, dari http://repository.lppm.unila.ac.id/8167/

Rr Chusnul, C., Mardiyana, S., & Retno, D. (2017). Errors analysis of problem solving using the newman stage after applying cooperative learning of ttw type. AIPC 1913(1), 020028. Diperoleh dari https://ui.adsabs.harvard.edu/abs/2017AIPC.19 13b0028C/abstract

Sari, N. W., dan Hanum, F. (2018). Peran kultur sekolah dalam membangun prestasi siswa di MAN 1 yogyakarta. Jurnal E-Societas, 7(2).

Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari.

Y. R. (2019). Kesalahan umum pada penyelesaian soal cerita materi getaran, gelombang, dan bunyi: aplikasi newman error analysis. Natural Science Education Research, 2(2), 159-166.

Seto Satoto, M. U., Hery Sutarto, M. U., & Emi Pujiastuti, M. U. (2012). Analisis kesalahan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal dengan prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1-7.

Singh, P., Rahman, A. A., dan Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: a malaysian perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8, 266. Diperoleh darihttps://www.sciencedirect.com/science/article/p ii/S1877042810021415

Sudiono, Eri. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. Jurnal Pendidikan Matematika UNION 5 (3)

Sudjono, Ana. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surapranata, S. (2004). Panduan penulisan tes tertulis implementasi kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suroso. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal fisika termodinamika pada siswa SMA negeri 1 magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 4 (1) : 8-18.

Susilana, R., dan Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi penelitian kualitatif dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: UNS Press.

Ulifah, S. N., dan Effendi, D. (2014). Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi (error analysis of students in math problem solving in the matter relationship). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1).

Uno, Hamzah H. (2006). Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and Newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148. Diperoleh dari https://www.semanticscholar.org/paper

White, A.L. (2010). Strategies for diagnosis and remediation. Australia: Institue of Catholic Education Oakleigh Campus.

Wulan, B. R. S. (2013). Pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction) dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Jurnal. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.

Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi penelitian wilayah kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi kesalahan siswa menggunakan newman’s error analysis (nea) pada pemecahan masalah operasi hitung bentuk aljabar. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Zakaria, E. (2010). Analysis of students' error in learning of quadratic equations. International Education Studies, 3(3), 105-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.