Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Didukung Modul LCDS melalui Model PBL pada Materi Usaha dan Energi

Anandya Pramesti, Pujayanto Pujayanto, Rini Budiharti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tahapan proses pengembangan perangkat pembelajaran fisika didukung modul LCDS melalui model problem based learning pada materi Usaha dan Energi yang memenuhi kriteria baik; (2) mendeskripsikan spesifikasi perangkat pembelajaran fisika didukung modul LCDS melalui model problem based learning (PBL) pada materi Usaha dan Energi yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Sumber data untuk data kuantitatif berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, 3 orang teman sejawat, dan 102 orang siswa. Semua guru dan siswa berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 6 Surakarta, dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang merupakan model Miles dan Huberman. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan persentase komponen angket, dananalisis hasil uji butir soal (daya beda, taraf kesukaran, efektifitas distraktor, reliabilitas, dan validitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tahapan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi: (a) tahap analisis berupa analisis kebutuhan yang ada dalam proses pembelajaran dengan berbagai permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran; (b) tahap desain berupa pembuatan rancangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap pengembangan yaitu dilakukan proses validasi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. (2) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, dan instrument tess kognitif. Masing-masing perangkat pembelajaran memiliki spesifikasi produk yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat beberapa indikator yang bertujuan untuk membelajarkan konsep Usaha dan Energi menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based learning.

Keywords

Perangkat Pembelajaran, LCDS, PBL, Usaha Energi

References

Arends R. (2008). Learning to teach belajar untuk mengajar edisi 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Syaifuddin. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.sliddeshare.net/MAzhd/kompetensiintidankompetensidasarsdrevgtcbi3 pada tanggal 29 November 2019 pikul 20.00 WIB.

Kolmos, Anette & de Graaff Erik. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal Engng (19): 657-662.

Nuryanto, Anggita Putri. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar peserta didik SMA. Yogyakarta: UNY

Presiden. (2008). Peraturan pemerintah RI no. 74 tahun 2008 tentang standar nasional pendidikan. Diakses dari https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP7408.pdf pada tanggal 29 November 2019 pikul 19.15 WIB.

Rochman, Natawijaya. (2005). Aktivitas belajar. Jakarta: Depdiknas.

Shurygin, Viktor Yukerjevich & Krasnova Lyubov Alekseevna. (2016). Electronic learning courses as a means to activate student’s independent work in studying physics. International Journal of Environmental & Science Education (8): 1743-1751.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.