Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan pada Peserta Didik
Abstract
Pelaksanakan penelitian tindakan kelas di penelitiannya di SMPN 2 Klaten menunjukkan terdapat masalah peserta didik dalam memahami pelajaran IPA. Peserta didik masih sulit dalam mengolah pelajaran IPA sehingga peserta didik banyak yang tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran tersebut. Antusiasme dan aktivitas peserta didik selama guru memberikan pelajaran masih belum tampak, peserta didik banyak ramai dan tidak menyimak materi dengan baik, kondisi tersebut di tambah dengan model pembelajaran yang masih monoton sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik yang rendah dibawah KKM. Data menunjukkan sekitar 47% atau 18 peserta didik yang tuntas KKM. Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, maka salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik yaitu metode pembelajaran Discovery Learning. Metode Discovery Learning merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Indikator keberhasilan peningkatan pembelajaran peserta didik pada penelitian ini dilihat lebih dari 75% peserta didik tuntas KKM (dengan nilai 70). Hasil penelitian yang didapat dari data tes memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 47% (18 anak) peserta didik tuntas KKM. Pada siklus 1 terdapat 61% (23 anak) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dilanjutkan. Kemudian pada siklus 2 terdapat 82% (31 anak) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dihentikan.
Keywords
Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA, Kemagnetan
Full Text:
PDFReferences
Afandi, dkk. (2013). Model dan model pembelajaran di sekolah. Semarang: Unisula Press.
Anitah, Sri. (2014). Teknologi pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media.
Schunk, dale H. (2012). Learning theories. Jakarta: Pustaka Belajar.
Suryosubroto. (2014). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wuryandani, Wuri dan Fathurrohman. (2012). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Yogyakarta: Ombak
Refbacks
- There are currently no refbacks.