Pengaruh Model CORE dan Model ICARE Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Sekar Ayu Prawesthi, Nonoh Siti Aminah, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada : 1) perbedaan pengaruh antara penggunaan model CORE dan model ICARE yang ditinjau dari kemampuan kognitif siswa 2) perbedaan pengaruh antara kemandirian belajar siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, dan 3) interaksi antara pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) terhadap kemampuan kognitif siswa (Fobservasi = 4,15 > Ftabel = F0,05;1;56 = 4,01). 2) Ada perbedaan pengaruh antara kemandirian belajar siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fobservasi = 4,64 > Ftabel = F0,05;2;56 = 3,16). 3) Tidak ada interaksi antara pengaruh model pembelajaran  Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Al Islam 1 Surakarta pada materi Usaha dan Energi ditinjau dari kemandirian belajar siswa (Fobservasi = 0,24 < Ftabel = F0,05;2;56 = 3,16).

 

Keywords

Model CORE, Model ICARE, Kemampuan Kognitif, Kemandirian Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R.(2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardiyani, I Gede Mahendra Darmawiguna, I Gede Partha Sindu dan Ni Kadek Dwi. (2017). Penerapan model pembelajaran icare untuk meningkatkan hasil belajar pengolahan citra digital. Karmapati.

Azwar, S. (2009). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono.(2013). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Press

Budiyono. (2015). Pengantar penilaian hasil belajar. Surakarta: UNS Press

Depdiknas. (2003). Standar kompetensi mata pelajaran fisika. Jakarta : Balitbang Depdiknas

Handayani, Novia. (2018). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK kota cimahi. Journal of Education 1 (2).

Lombu’u, Ritalia. (2019). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMA negeri 2 gowa. Universitas Negeri Makasar.

Mailisa, Masril, Yenni Darvina dan Pratiwi. (2017). kompetensi siswa kelas XI SMA N 1 tarusan. Pillar of Physics Education.

Majid, Abdul. (2014). Belajar dan pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Muizaddin, Budi Santoso dan Reza. (2016). Model pembelajaran CORE sebagai sarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan manajemen Perkantoran 1(1).

Rosa, Friska Octavia. (2017). Eksplorasi kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan memprediksi, mengobservasi dan menjelaskan ditinjau dari gender. Jurnal Pendidikan Fisika UMM.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siswanto dkk. (2017). Melatih kemampuan kognitif pada pembelajaran fisika. Jurnal Gravity 3 (1).

Triani, Sri Wahyuni, Elly Purwanti, Atok Miftachul Hudha, Diani Fatwawati, Husamah dan Liliek. (2018). Pembelajaran ICARE berbantu praktikum: peningkatan problem solving skllis dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Invasi Pendidikan IPA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.