Analisa Profil Kesalahan Peserta Didik dalam Mengerjakan Soal Soal Setara OSN di SMA Pradita Dirgantara

Aulia Octaviani, Elvin Yusliana Ekawati, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan profil kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal fisika setara OSN tingkat kabupaten. Penelitian dilakukan di SMA Pradita Dirgantara Boyolali, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus data utama dalam penelitian adalah jawaban tes tertulis peserta didik dan pendukung lainya yaitu data hasil kegiatan observasi dan hasil wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penilitian ini antara lain teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis profil kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal soal setara OSN adalah kesalahan pada tahap pembacaan (reading reconition). komprehensi (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (process skill) dan encoding (encoding ability). Dengan kesalahan Kesalahan pembacaan disebabkan peserta didik yang tidak mengerjakan soal dan tidak membaca soal dengan baik sebanyak 29,81%. Kesalahan komprehensi disebabkan peserta didik yang belum memahami konsep dengan matang sebanyak 29,81 %. Kesalahan transformasi disebabkan peserta didik keliru dalam penggunaan persamaan matematis sebanyak 67,63%. Kesalahan keterampilan proses disebabkan peserta didik terburu-buru dan kesalahan pada tahap sebelumnya yaitu transformasi sebanyak 90,54%. Kesalahan encoding disebabkan peserta didik salah pada tahap sebelumnya, yaitu pada komprehensi, transformasi, maupun keterampilan proses  sebanyak 92,36%.

Keywords

Profil Kesalahan, Soal OSN, Newman.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik cet. 13. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Andriani, Ni Luh Yesi. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal gerak lurus. [Online] (jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EP FT/article/download/6221/4929).

Arends, Richard I. (2008). Learning to teach belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

AU, T. (2019). Penerimaan calon siswa SMA pradita dirgantara. 15, pp. https://tni-au.mil.id/ini-dia-jadwal-syarat-dan-prosedur-ppdb-sma-pradita-dirgantara/

Dalyono, M. (2001). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Informasi lomba prestasi bidang uptek di lingkungan direktorat pendidikan menengah umum. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa, cet. 1, edisi ke 4. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maharta, N. (2010). Analisis miskonsepsi fisika sma di bandar lampung. Jurnal Analisis Miskonsepsi Fisika. Diperoleh dari http://blog.unila.ac.id/maharta/files/2010/05/Jurnal-Analisis-Miskonsepsi-Fisika.doc

Newman, A. (1983). Strategies for diagnosis and remediation. Sydney: Harcourt Brace Jovanovich Group.

OECD. (2012). Pisa result. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts /). Di akses tanggal 25 Oktober 2017.

Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in thailand using newman procedure. Journal of International Cooperation in Education 9 (1) : 111-122.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. (2011). Pemahaman individu teknik non tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Sardiman, A.M. (2003). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, cet. 10. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, W. (2009). Penumbuhan sikap-sikap positif melalui pembelajaran fisika. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah. 1 (1) Februari 2009. Diperoleh dari http://ijp.fi.itb.ac.id/index.php/JPFSM/article/viewFile/234/233

Tri Wiyoko, M. A. (2019). Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan olimpiade sains nasional (osn). Jurnal Warta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, 4-6.

Usman, Husaini. (2009). Metodologi penelitian sosial, cet. 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

White, A.L. (2010). Numeracy, literacy and newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia. 33 (2) : 129-148.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yohanes, S. (1998). Kumpulan soal dan penylesaian olipiade fisika. Jakarta: Bina Sumber Daya.

Zain. A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Zainal, Arifin. (2013). Evaluasi pembelajaran: prinsip-teknik-prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zhao, Z. (2013). An overview of studies on diagnostic testing and its implications for the development of diagnostic speaking test. International Journal of English Linguistics, 3(1) : 41-45.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.