Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta

H. Affandy, Nonoh Siti Aminah, Supriyanto Supriyanto

Abstract

Proses pembelajaran berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik, dalam pendekatan saintifik siswa diharapkan memiliki berbagai keterampilan salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk dilatih selama pembelajaran dikelas, karena siswa dengan kemampuan berpikir yang baik memberi dampak pada kemampuannya dalam merencanakan strategi dan taktik untuk meraih kesuksesan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai profil keterampilan berpikir kritis siswa SMA Batik 2 Surakarta pada materi fluida dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mengenai ketercapaian keterampilan berpikir kritis dengan memberikan instrumen soal berbentuk uraian, yang diadobsi dari soal-soal Ujian Nasional (UN) sebanyak 4 item. Penyebaran instrumen diberikan di kelas XI MIA sebanyak 99 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator Focus (23%), Reason (22%), Inference (15%), Situation (16%), Clarity (14%), and Overview (10%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Batik 2 Surakarta masih tergolong rendah.

Keywords

Analisis; Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Dinamis

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Antika, Linda Tri. A. D. Corebima & Siti Zubaidah. 2017. Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP TPS). Prosiding Science Education National Conference 2017-Pendidikan IPA.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Management Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bennett, Randy Elliot. 2011. Formative Assessment: A Critical Review. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice. Routledge Taylor & Francis Group.

Djamrah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Facione, Peter A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press.

Finken, Marguerite & Ennis R. H. 1993. Illinois Critical Thinking Essay Test. University of Illinois: Champaign.

Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morocco, Catherine Cobb. Cynthia Mata Aguilar. Carol Bershad. Andrea Winokur Kotula. Alisa Hindin. 2012. Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for the Twenty-First Century. San Francisco: JosseyBass A Wiley Imprint.

Nuryanti, Lilis. Siti Zubaidah. & Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.

Norris, S. P. & Ennis R. H. 1989. Evaluating critical thinking. Pacific Grove, CA: Midwest Publications.

Serway, Raymond A. & Jhon W. Jewett. 2004. Physics for Scientists and Engineers: 6th Edition. Singapore: Thomson Books.

Strager, Victor L. & E. Benjamin Wylie. 1999. Mekanika Fluida; Edisi Delapan. Terjemahan Arko Prajono. Jakarta: Erlangga.

Susilana, Rudi. & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Subagia, I Wayan. 2013. Implementasi Pendekatan Ilmiah Dalam Kurikulum 2013 Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Artikel Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Triatmodjo, Bambang. 1993. Hidraulika I. Yogyakarta: Beta Offset.

Widoyoko, E. Putro. 2016. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah; Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Young, H. D. & Roger A. Fredman. 2012. Sears and Zemansky’s University Physics with Modern Physics. 13th Edition. Addison-Wesley.

Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Sains. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan. Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.