Ticker Timer Dengan Penghitung Waktu Otomatis Menggunakan Timer Le8n Series

Reni Lusia, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Alat ticker timer yang dilengkapi dengan pendeteksi waktu otomatis menggunakan Timer LE8N Series telah berhasil dibuat. Alat ini dapat menentukan waktu secara otomatis saat benda melakukan Gerak Lurus Beraturan (GLB) atau Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Alat ini tersusun dari papan kayu yang memiliki panjang lintasan 1,2 meter dan lebar 20 cm dan diberi engsel agar lintasan dapat diubah kemiringannya. Cara kerja alat yaitu benda akan meluncur ke bawah, saat benda bergerak pendeteksi waktu secara otomatis akan berjalan dan waktu akan terdeteksi dengan sendirinya dengan bantuan timerLE8N series, pada saat benda berhenti meluncur maka waktu juga akan ikut berhenti. Timer LE8N series merupakan alat pewaktu digital efisien berlayar LCD untuk menampilkan waktu benda saat mulai meluncur dan saat benda berhenti. Waktu dan jarak yang didapatkan dari alat ini dapat digunakan untuk mencari kecepatan dari gerak lurus beraturan dan mencari percepatan pada gerak lurus berubah beraturan. Dari percobaan GLB didapatkan hasil v=(0,2292±0,0013) m/s dengan tingkat ketelitian sebesar 99,42 %. Dari percobaan GLBB didapatkan hasil a=(1,605±0,015) m/s2 dengan dengan tingkat ketelitian mencapai 99,08 %. Hasil ini menunjukkan bahwa alat ticker timer dengan pendeteksi waktu otomatis menggunakan timer LE8N series layak digunakan untuk praktikum Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan.

Keywords

ticker timer; timer LE8N series; gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan

Full Text:

PDF

References

Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prasetyarini, A., Desy, S. F., & Akhdinirwanto, W. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Bulupesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, 2 (1) : 7-10.

Safitri, Heni. 2011. Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Fisika Topik Gerak Lurus (Survey terhadap Siswa Kelas X SMAN 87 Jakarta Selatan). Jurnal Pendidikan, 2011 (2): 97-101.

Solihun, Ahmad. 2015. Pengembangan Alat Peraga GLB dan GLBB Berbasis Sensor LDR (Light Dependent Resistor). Jurnal Radiasi, 6 (1): 101-102.

Tri Kurniawati,S. 2011. Pengembangan Perangkat LKS Praktikum Sederhana Gerak Lurus Berubah Tidak Beraturan (GLBTB) Bidang Studi Fisika di SMA Kelas X. E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 2011 (2): 1-5.

Susilana, Rudi dan Riyana,Cepi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.