Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

Meyke Hetiningsih, Widha Sunarno, Surantoro Surantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) pada materi Alat-Alat Optik di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-12 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran Fisika materi Alat-alat Optik siswa kelas X-12 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat dari kenaikan presentase kemampuan kerjasama siswa sebesar 62,19 % pada Siklus I dan meningkat menjadi 84 % pada Siklus II. Sedangkan untuk kemampuan kognitif siswa sejumlah 50 % siswa yang telah memenuhi KKM meningkat menjadi 91,30 % siswayang telah memenuhi KKM pada Siklus II.

Keywords

Think Talk Write (TTW); kemampuan kerjasama; alat-alat optik; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References

Ansori,Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.

Basrowi, dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Lina Listiana. 2012. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Invertigation) dan TTW (Think, Talk, Write). Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Miftah, M. 2009. Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Semarang: Depdiknas.

Slavin, R. E. 2005. Cooperatif Pustekkom Learning (diterjemahkan oleh Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Slavin, R. E. 2008. Cooperatif Learning (diterjemahkan oleh Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyanto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yamin, M. dan Ansari, B.I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yazid, a. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sis Datar. Nasional Scientific Journal Vol 1, No 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.