Pembuatan Game Fisika Berbasis Model Pembelajaran Kuantum pada Materi Gejala Pemanasan Global

Zahrotunnisa Zahrotunnisa, Rini Budiharti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuat game pembelajaran yang dapat menjelaskan materi Gejala Pemanasan Global dengan model Pembelajaran Kuantum, (2) menjelaskan bahwa game pembelajaran Gejala Pemanasan Global dengan model Pembelajaran Kuantum memenuhi kriteria baik. Penelitian ini meliputi tahap persiapan, pembuatan game pembelajaran dalam bentuk softfile, dan penyelesaian. Hasil dari pembuatan media ini adalah sebuah game pembelajaran Fisika dan Lembar Kerja Siswa. Output dari Game pembelajaran Fisika berformat SWF, sehingga dapat dimainkan di komputer atau android dengan aplikasi pendukung. Sedangkan Lembar Kerja Siswa dibuat untuk mengarahkan siswa dalam bermain dan menyimpulkan materi yang sedang dipelajari. Game pembelajaran Fisika tersebut berisi empat bagian terpisah dimana masing-masing tahap mewakili satu sub bab yang ada yaitu, Gejala Pemanasan Global, Efek Rumah Kaca, Dampak Pemanasan Global dan Penanggulangan Pemanasan Global. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli,game pembelajaran fisika berbasis model Pembelajaran Kuantum pada materi Gejala Pemanasan Global memiliki kriteria baik ditinjau dari segi materi, rekayasa perangkat lunak, audio visual dan komunikasi.

Keywords

Game Pembelajaran; Gejala Pemanasan Global; Model Pembelajaran Kuantum

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z., 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif), Yrama Widya.

DePorter, B. & Hernacki, M., 2007. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, KAIFA.

DePorter, B., Reardon, S., & Nouri, S., 2000. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas, KAIFA.

Ermayanti K., I Wayan D., dan I Komang N. W. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadaphasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 1-10.

Martono, K.T., 2015. Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker. Jurnal Sistem Komputer, vol, 5 no. 1, pp. 23- 30.

Novaliendry, D., 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 106-118.

Raharja, B., dkk., 2014. Panduan Belajar Fisika 2B SMA Keillas XI, Yudhistira.

Rifayanti, Z. E. T., 2017. Pengembangan Multimedia IPA Dengan Model Quantum Teaching di SD Kecamatan Lakarsantri Surabaya, Junal Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 1 – 5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.