Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8

Sekar Tani, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas dengan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 8. Subjek penelitian terdiri dari 27 peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri Karangpandan tahun 2017. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu peningkatan kemandirian belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas dengan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 8 tercapai dalam dua siklus hingga sebagian besar peserta didik memiliki kemandirian belajar pada kategori Baik dan Sangat Baik.

Keywords

kemandirian belajar; iSpring Suite 8

Full Text:

PDF

References

Anitah, 2009. Media Pembelajaran. Surakarta, LPP UNS dan UNS Press.

Dent, J.A., dan Harden, R.M., 2009. A Practical Guide for Medical Teachers 3rd ed. Edinburgh, Elsevier. https://amee.org/getattachment/AMEE -Initiatives/ESME-Courses/AMEE-ESME- Face-to-Face-Courses/ESME/ESME-Online- Resources-China-Dec-2015/Independent- Learning.pdf, 2 November 2017.

Lipton, L. dan Hubble, D., 2005.Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar.

Terj. Risul Muttaqin. Bandung: Nuansa. Karamaerouz, M.J., Abdi, A., dan Laei, S., 2013. Universal Journal of Educational Research, Learning, vol. 1, no. 4, pp. 298-302. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1053961.pdf, 2 November 2017.

Mudjiman, H., 2006. Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta, LPP UNS dan UNS Press.

Munawwaroh, R.M., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Menggunakan Software Ispring Suite 6.2 untuk SD/MI Kelas V Materi Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya. http://digilib.uin-suka.ac.id /1223/1/BAB%201,%20BAB%20V%20DAFT AR%20PUSTAKA.pdf , 2 Januari 2017.

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sufyarma, 2004. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S.L.L., 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Utomo, P.W., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Software iSpring Suit pada Materi Protozoa untuk Peserta didik Kelas X IPA di SMAN 11 Kota Jambi. http://www.ecampus.fkip.unja.ac.id /eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C40701 8.pdf, 2 Januari 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.