Remediasi Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi Kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta

Siti Nur khasanah, Kiki Dyah Prastiwi

Abstract

model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran remedial. PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data diambil dari Narasumber yaitu Guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya penelitian, dan dokumen atau arsip yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan tes tertulis. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen pengambilan data berupa tes obyektif yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran remedial dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat teacher centered sehingga siswa menjadi kurang aktif dan pemahaman terhadap materi masih kurang yang mengakibatkan belum tuntasnya hasil belajar siswa sesuai dengan standar yang ditentukan. Pada prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 0% dari keseluruhan siswa. Peningkatan terjadi pada siklus I, sebanyak 22,58% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil ini meningkat pada siklus II menjadi 64,52% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dikarenakan pada siklus II dilakukannya perbaikan pada sintaks TAI tahapan team, placement test, dan team study yang menjadikan siswa lebih aktif berdiskusi dalam kelompoknya sehingga pemahaman terhadap materi menjadi lebih maksimal.

Keywords

Remediasi, Hukum Newton tentang Gravitasi, Team Assisted Individualization (TAI), Ketuntasan Belajar

Full Text:

PDF

References

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Amalia, Ratna, Sulistyo Saputro, Ashadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TAI dan STAD Terhadap Prestasi Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Kemampuan Matematik. Jurnal Inkuiri, Vol. 3 No. II, 2014 (Hal 86-96) Ariani, Tri. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 06 (2) (2017) 169-177 Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Baharrudin dan Esa Nur Wahyudi. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Budiyanti, Vanny Maria, Ratman. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sains Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Labuan Panimba. Jurnal Kreatif Tadaluko Online Vol. 4 No. 8 Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Edisi ke-2.Surakarta: UNS Press. Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta, cv Djamarabahri, Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Fudyartanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Global Pustaka Utama Gredler, Margaret E. Bell. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada Hariyati, Endang, Mardiyana, Budi Usodo. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.1, No.7, hal 721-731, Desember 2013 Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta, cv Jamaluddin, Noor. 1978. Pengertian Guru. Jakarta: Balai Pustaka Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras Maisaroh, Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Ketrampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8 (2), 157-158. Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mundilarto. 2010. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: JICA FMIPA UNY Nasution. 1998. Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Ngalim, Purwanto, M. 1997. Ilmu Pendidikan: teoritis dan praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Pidarta. 2000. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta Putri, Desy Ermia, Nonoh Siti Aminah, Surantoro. 2015. Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Suhu dan Kalor Siswa SMA Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015. Vol. 6 No. 1 2015 Sabariasih, Dwi Putri, Jamzuri, Lita Rahmasari. 2015. Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Snowball Throwing Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI di SMA Negeri 6 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015. Vol. 6 No. 1 2015 Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media Sudjana dan Ibrahim. 2003. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta Suryobroto. 1986. Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta Buku Tarim, K & Akdeniz, F. 2007, “The effects of cooperative learning on Turkish elementarystudents’ mathematics achievement and attitudetowards mathematics using TAI and STAD methods”. Journal of Educational Studies of Mathematics. 67 (1): 77 – 91 Tirtarahardja, U dan Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Wardani, Chindy Aryani, Wayan Suwatra, Nyoman Wirya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech Vol. 2 No. 1 Tahun 2014 Wijaya, C. 2007. Pendidikan Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya Yanti, Tri Emma, Dwi Sulistyaningsih, Martyana Prihaswati. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM), Vol. 2 No. 1, April 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.