Pembuatan Alat Eksperimen Induksi Magnet Pada Toroida Menggunakan Arduino dan Hall Effect Sensor

Rengga Ngesthi Pambuka, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Pembuatan alat eksperimen induksi magnet pada toroida ini bertujuan untuk membuat alat peraga induksi magnet yang siap digunakan dan untuk mengetahui hubungan jumlah lilitan maupun kuat arus dengan besar induksi Magnet pada toroida. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Alat eksperimen induksi magnet pada toroida ini terpisah menjadi 3 bagian yaitu rangkaian sumber daya, toroida, dan sensor induksi magnet. Rangkaian sumber daya terdiri dari adaptor untuk mengubah tegangan, resistor, potensio untuk mengubah besar hambatan, mini voltmeter amperemeter untuk mengetahui tegangan dan kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut. Pada toroida terdapat 5 variasi jumlah lilitan yaitu 100 lilitan, 200 lilitan, 300 lilitan, 400 lilitan, dan 500 lilitan. Pada sensor induksi magnet terdapat hall effect sensor UGN3503 dan Arduino yang disertai LCD yang digunakan untuk mengetahui besar induksi magnet. Untuk melakukan kegiatan percobaan yaitu dengan menggabungkan ketiga bagian tersebut. Variabel bebas dari percobaan tersebut adalah jumlah lilitan dan kuat arus, sedangkan variabel terikatnya adalah induksi magnet. Berdasarkan hasil penelitian, alat eksperimen induksi magnet pada toroida telah berhasil dibuat dengan error sebesar 6,22% pada variasi jumlah lilitan, dan error sebesar besar 9,39% pada variasi kuat arus. Induksi magnet yang dihasilkan pada toroida, berbanding lurus dengan jumlah lilitan dan kuat arus.

Kata kunci : Induksi Magnet, Toroida, Arduino, Hall Effect Sensor.

Keywords

: Induksi Magnet, Toroida, Arduino, Hall Effect Sensor

Full Text:

PDF

References

Giancoli, Douglas C. 2014. Fisika. Edisi Kelima Jilid 2. (Terjemahan oleh: Yuhilza Hanum). Jakarta: Erlangga

Guntoro, Helmi dkk. 2013. Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, ELECTRANS, vol. 12 no. 1, pp. 39-48.

Halliday, David dkk. 2014. Fisika Dasar. Edisi Ketujuh Jilid 2. (Terjemahan oleh: Pantur Silaban, Erwin Sucipto). Jakarta: Erlangga.

Jacobus, Liefson, dan Dewi Kristina Gulo. 2014. Rancang Bangun Teslameter Dengan Metode Induksi, JTI UKRIM, vol. 6, no. 2, pp. 42-47.

Primaseta, Emil Faridhan dkk. 2012. Studi Perancangan Degaussing Systemuntuk Melindungi Kpal Perang Tipe OPV 90m dari Medan Magnet, JURNAL TEKNIK ITS, vol. 1, no. 1, pp. 265-270

Rouf, A. 2011. Karakterisasi Sensor Efek Hall UGN3503, IJEIS, vol. 1, no. 1, pp. 25-30

Sears, Francis Weston dan Mark Zemansky. 2008. Fisika untuk Unviversitas : Listrik Magnet. Jilid 2. Bandung: Binacipta.

Setiawan, Haviz. 2011. Sensor Efek Medan Hall UGN3503,http://ilmubawang.blogspot.com/2011/04/sensor-efekmedan-hall-ugn3503.html, 2 Mei 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.