Analisis Potensi Longsor Menggunakan Metode Geolistrik Konfigurasi Dipole-dipole di Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Nurul Dzakiya, Radhitya Adzan Hidayah, Larikiansyah Larikiansyah

Abstract

Kabupaten Pacitan merupakan wilayah dengan tingkat bahaya longsor paling tinggi di Provinsi Jawa Timur, salah satunya di Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo. Secara umum daerah ini tersusun oleh batuan sedimen klastik, batuan vulkanik, dan batuan-batuan terobosan. Secara fisiografi daerah penelitian termasuk dalam Zona Pegunungan Selatan yaitu Zona Bagian Selatan Jawa Timur. Zona ini mempunyai topografi yang terjal. Bagian selatannya berupa dataran eolian yang tersusun oleh endapan aluvial, batugamping dan batuan vulkanik. Tingginya kejadian longsor pada wilayah tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya yaitu tingkat pelapukan, jenis litologi, kondisi geologi dan faktor-faktor lainnya. Telah dilakukan pengukuran sebanyak dua lintasan dengan panjang 560 meter di daerah penelitian dengan target kedalaman sekitar 200 meter di bawah permukaan. Berdasarkan hasil interpretasi data, daerah tersebut memiliki nilai resistivitas rendah sekitar 20-50 Ωm yang diduga berupa batuan yang telah mengalami pelapukan tinggi dan atau mengandung air. Ketebalan lapukan ini sekitar 100 meter serta berada di sekitar atau bahkan di atas batuan dengan resistivitas tinggi 500-1200 Ωm. Batuan ini diduga berupa batuan vulkanik yang belum lapuk serta berperan sebagai bidang gelincir saat lapisan lapuk diatasnya terisi oleh air di musim hujan sehingga terjadi longsor.

Kata kunci : longsor, dipole-dipole, tegalombo pacitan

Keywords

longsor, dipole-dipole, tegalombo pacitan

Full Text:

PDF

References

Arifin, Nurul, 2014, Pacitan Wilayah Paling Rawan Longsor di Jawa Timur, SINDONEWS.com, 11 Mei 2017.

Samodra, H., Gafoer, S., dan Tjokrosapoetra, S., 1992. Geologi Lembar Pacitan, Jawa Timur, Departemen Pertambangan dan Energi, Direktorat Jendaral Geologi dan Sumber Daya Mineral, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Rahmalia, Trifatama dan Fadlin, 2004. Studi Hubungan Tingkat Alterasi Terhadap Potensi Longsoran Berdasarkan Analisis Petrografi Dan X-Ray Difraction Sepanjang Jalan Arjosari-Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur Conference: Prosiding Seminar Nasional ReTII ke-9, 2014, at DI. Yogyakarta-Indonesia, Volume: Vol 9 [accessed Sep 12 2018].

Abdullah, C.I., N. A. Magetsari dan H. S. Purwanto, 2003, Analisis Dinamik Tegasan Purba pada Satuan Batuan Paleogen–Neogen di Daerah Pacitan dan Sekitarnya, Provinsi Jawa Timur Ditinjau dari Studi Sesar Minor dan Kekar Tektonik, PROC. ITB Sains & Tek. Vol. 35 A, No. 2, 2003, 111-127.

Hidayah, R.A dan N. Dzakiya, 2018. Analysis Geological and Geophysical Data for Prediction Landslide Hazard Zone with Weight of Evidence Method in Pacitan District East Java. Journal of Applied Geospatial Information.

Hidayah, R.A. 2016, Jurnal Pertambangan Unikarta..

Anonim, Jumlah Curah Hujan dan Hari Hujan Menurut bulan di Kabupaten Pacitan, 2016. Dinas Binamarga dan Pengairan Kab. Pacitan,.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.