Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat

Anisa Satya Sandy, Supurwoko Supurwoko, Surantoro Surantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Momentum dan impuls dengan penerapan remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Guided Discovery Learning . Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Kebakkramat. Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 69,72 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 77,78. dari analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5 %, thitung = 7,680 > ttabel = 1,688. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari 47,2 % menjadi 100%.

 

Kata kunci: Remediasi, Guided Discovery Learning, Kognitif

Keywords

Remediasi, Guided Discovery Learning, Kognitif

Full Text:

PDF

References

Dewi, Fatma. 2015. “Efektivitas Metode Discovery Learning untuk Peningkatan Kompetensi Belajar Analisis Karakteristik Komponen Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Wonosari”, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Mardapi, Djemari. 2015. “Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Berbasis Peserta Didik”, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnomo. 2016. Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Prafi Manokwari Papua Barat, Pancaran, vol. 5, no. 2, pp. 1-14.

Rahman, Muhammad. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Safitri, Lutfiana. 2015 . “Penerapan Model Guided Discovery Learning Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VC Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Sdn Kendalrejo 02 Talun Blitar”, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Saputro, Hanri Eko. 2012. “Implementasi Metode Guided Discovery Dalam Pembelajaran Pai Di SMP Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang”, Program Magister, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.

Sholeh, Moh. 2014. Metodologi Pembelajaran Kontemporer, Yogyakarta: Kaukaba

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian , Bandung: Alfabeta.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuliani, Kiki. 2015 . The Development Of Learning Devices Based Guided Discovery Model To Improve Understanding Concept And Critical Thinking Mathematically Ability Of Students At Islamic Junior High School Of Medan. Journal Of Education And Practice , vol.6, no.24, pp 116 -128..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.