Implementasi Pembelajaran Berbasis Lapangan (PBL) di SDN Benoa: Dampak Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Pengembangan Keterampilan Siswa

Devi Anggraeni, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Juliati Juliati, Elmi Hanjar Bait

Abstract

Pembelajaran Berbasis Lapangan (PBL) menjadi pendekatan inovatif yang menawarkan pengalaman belajar kontekstual untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi PBL di SDN Benoa dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran serta pengembangan keterampilan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL di SDN Benoa mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, memotivasi mereka untuk belajar, dan mengembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, komunikasi, dan toleransi. Namun, implementasi PBL menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, waktu, dan fasilitas. Guru mengatasi kendala ini dengan memanfaatkan potensi lokal dan teknologi sebagai alternatif untuk mendukung kegiatan lapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan perencanaan yang matang dan dukungan komunitas, PBL dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Lapangan, PBL, Kualitas Pembelajaran, Keterampilan Sosial, Pendidikan Dasar, SDN Benoa, Implementasi PBL.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.