Penerapan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis

Ahmad Suryadi, Effy Mulyasari, Derry Hendriawan, Maria Ulfah

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar merupakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pendidikan abad ke-21, dengan menekankan fleksibilitas, pembelajaran berbasis proyek, dan pengembangan kompetensi siswa seperti berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, serta komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, menganalisis tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, dan menyusun rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas penerapan kurikulum. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis (Systematic Literature Review) terhadap studi-studi terdahulu terkait implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka berhasil meningkatkan kompetensi siswa, memperkuat karakter Pelajar Pancasila, dan mendorong pembelajaran yang lebih relevan dengan kehidupan nyata, meskipun masih terdapat kendala seperti kurangnya pelatihan guru dan keterbatasan infrastruktur. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan kebijakan, pelatihan intensif bagi guru, serta penguatan infrastruktur untuk memastikan keberlanjutan dan konsistensi implementasi Kurikulum Merdeka di seluruh wilayah Indonesia.

Keywords

Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar, tinjauan literatur sistematis, pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.