Pemanfaatan Pendekatan Tematik Terintegrasi pada Kurikulum Merdeka: Sebuah SLR untuk Pendidikan Dasar

Linda Marselina, Deri Hendriawan, Effy Mulyasari, Marpian Marpian, Lina Herlina

Abstract

Pendekatan tematik terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka di pendidikan dasar memberikan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan tematik terintegrasi, kendala yang dihadapi, serta strategi optimalisasi yang dapat diterapkan. Kajian dilakukan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 40 artikel terpilih yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tematik terintegrasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep lintas disiplin, serta keterampilan berpikir kritis. Namun, kendala seperti rendahnya kesiapan guru, keterbatasan bahan ajar, dan kurangnya infrastruktur masih menjadi hambatan. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru, pengembangan bahan ajar berbasis teknologi, dan peningkatan kerja sama untuk mendukung keberlanjutan Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil kajian literatur, implementasi pendekatan tematik terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka di pendidikan dasar menunjukkan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, karena tidak hanya memadukan berbagai disiplin ilmu secara relevan, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep antar mata pelajaran, dan pengembangan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Keywords

Kurikulum Merdeka, pendekatan tematik, pendidikan dasar, SLR.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.