Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Pendidikan Dasar: Analisis Bibliometrik
Abstract
Karakter bangsa menjadi salah satu fokus utama dalam pendidikan di abad ke-21, dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai landasan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui pendekatan bibliometrik dan Systematic Literature Review (SLR). Metode penelitian menggunakan analisis bibliometrik dengan bantuan perangkat lunak VOSviewer dan pengumpulan data melalui aplikasi Publish or Perish dari Google Scholar, menghasilkan 20 artikel relevan dari 780 artikel yang disaring menggunakan diagram alur PRISMA. 20 artikel ini menjawab 3 pertanyaan penelitian dan hasil penelitian menunjukkan tren peningkatan publikasi dalam 10 tahun terakhir dengan fokus pada penguatan karakter siswa, pengembangan nilai-nilai Pancasila, dan integrasi pendekatan pembelajaran inovatif dalam kurikulum. Penelitian juga mengidentifikasi bahwa penggunaan teknologi, kolaborasi antarpeneliti, serta pendekatan berbasis proyek memberikan dampak positif pada pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila terbukti relevan dalam membangun generasi yang adaptif, kritis, dan berjiwa kebangsaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.