Kurikulum Merdeka dan Pendekatan Tematik Terintegrasi: Perspektif SLR pada Pendidikan Dasar

Marpian Marpian, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Linda Marselina, Madroi Madroi

Abstract

Abstrak
Penelitian ini menganalisis implementasi pendekatan tematik terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan dasar di Indonesia. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pencarian melalui Google Scholar, menghasilkan 159 artikel relevan dari total 298 artikel terpilih. Data dianalisis secara tematik dan divisualisasikan menggunakan VOSviewer untuk mengidentifikasi hubungan kata kunci, seperti "pendekatan tematik terintegrasi" dan "kurikulum". Hasilnya menunjukkan pendekatan ini meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman akademik, dan kreativitas, tetapi menghadapi tantangan seperti kesiapan guru, minimnya pelatihan, dan kesenjangan infrastruktur. Penelitian merekomendasikan pelatihan guru berkelanjutan, pengembangan bahan ajar berbasis teknologi, dan penerapan pendekatan STEAM untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka secara berkelanjutan.

Keywords

Kurikulum Merdeka, pendekatan tematik, pendidikan dasar, VOSviewer, STEAM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.