Persepsi Guru terhadap Program Pelatihan dan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Binong
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka bertujuan meningkatkan fleksibilitas pembelajaran melalui pendekatan berbasis proyek dan diferensiasi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi guru dan kesiapan mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN Binong. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki persepsi positif terhadap pelatihan, tetapi durasi yang singkat dan konten yang terlalu teoretis menjadi tantangan utama. Tingkat kesiapan guru dipengaruhi oleh pengalaman, dukungan rekan kerja, dan ketersediaan sumber daya. Simpulan menyarankan perlunya desain pelatihan yang kontekstual, metode penyampaian interaktif, dan pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.