Peran Teori Ki Hadjar Dewantara dalam Membangun Keterampilan Abad 21

Kinkin Mustika Dewi, Retti Yuwidha, Sopyan Iskandar, Effy Mulyasari

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi relevansi teori Ki Hadjar Dewantara dalam mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian bertujuan untuk menganalisis bagaimana prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara dapat diterapkan dalam konteks modern. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dan protokol PRISMA, sebanyak 72 artikel relevan dianalisis secara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa konsep seperti sistem among dan Tri Pusat Pendidikan memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter, kreativitas, dan kemandirian siswa. Integrasi pendekatan berbasis budaya lokal dengan teknologi digital terbukti efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan daya saing global. Temuan ini menegaskan pentingnya nilai-nilai lokal dalam kurikulum modern untuk mendukung pembelajaran holistik. Dengan demikian, teori ini relevan dan penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi.

Keywords

Ki Hadjar Dewantara, keterampilan abad ke-21, sistem among, Tri Pusat Pendidikan, pembelajaran holistik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.