Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Jatinegoro Tahun Ajaran 2023/2024

Afifah Fauziah, Suhartono Suhartono, Muhamad Chamdani

Abstract

Pendidikan dasar berperan penting dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa. Salah satu mata pelajaran yang mendukung hal ini adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning; (2) meningkatkan hasil belajar PPKn; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.  Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas III SD Negeri 2 Jatinegoro. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) penerapan model Discovery Learning dilaksanakan melalui langkah (a) stimulasi, (b) identifikasi masalah, (c) pengumpulan data, (d) pengolahan data, (e) pembuktian, (f) penarikan kesimpulan; (2) penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tentang hak dan kewajiban; (3) kendala penelitian ini di antaranya yaitu masih terdapat siswa yang malu dalam menyampaikan pendapatnya pada saat menyimpulkan materi pembelajaran. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru memberikan motivasi serta memberi apresiasi kepada siswa yang berani menyampikan pendapat.

Keywords

Discovery Learning, Hasil belajar, PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.