Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Efektivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 2 Gemeksekti Kebumen
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran scramble, meningkatkan efektivitas dan hasil belajar, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas III SD Negeri 2 Gemeksekti. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan langkah model scramble yaitu (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) identifikasi masalah, (3) mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing pelatihan, (5) kesimpulan, (6) memberikan penghargaan. Metode scramble dapat meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa. Efektivitas belajar siswa pada siklus I,II, dan III selalu meningkat, hal itu dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I = 54,53%, siklus II = 70,11%, dan siklus III = 73,21%. Kendala dan solusi yang dialami ketika pembelajaran dapat teratasi dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model scramble dapat meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Gemeksekti Kebumen tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Model scramble, Efektivitas, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.