Pengembangan Instrumen Penilaian Computational Thinking Pada Pembelajaran Matematika SD
Abstract
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan Computational Thinking dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian Computational Thinking dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development or Production, Implementation, and Evaluations). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Tegalmulyo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan angket dari hasil temuan validitas ahli dan uji coba. Hasil Penelitian ini didapatkan bahwa (1) instrumen penilaian Computational Thinking pada tahao kevalidan mendapatkan persentasi 86% dengan kategori sangat layak dan tahap kepraktisan mendapatkan persentasi 78% kategori praktis dari peserta didik dan 86% kategori sangat praktis dari guru. (2) hasil pengukuran kemampuan computational thinking peserta didik di SDN Tegalmulyo menunjukkan sebesar 49,17% dapat mengerjakan dengan baik dan mendapatkan nilai diatas minimum. Oleh karena itu, peserta didik masih membutuhkan bimbingan dan pembelajaran yang lebih intensif dalam peningkatan kemampuan Computational Thinking.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.