Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Tentang Karya Seni dari Kertas Bekas
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini, yaitu mendeskripsikan langkah PjBL untuk meningkatkan kreativitas tentang karya seni dari kertas bekas, meningkatkan kreativitas tentang karya seni dari kertas bekas melalui penerapan model PjBL, dan menganalisis dampak pengiring penerapan model PjBL. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 1 Karangsari yang dikumpulkan dengan teknik non tes berupa observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik melalui pembuatan produk, observasi, dan wawancara dan triangulasi sumber, yaitu informasi yang diperoleh dari dokumen, guru, dan siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari.Hasil penelitian menunjukan langkah model PjBL meliputi pertanyaan penting sesuai topik, perencanaan penyelesaian proyek, penyusunan jadwal, penyelesaian dengan fasilitas dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi hasil, serta evaluasi hasil. Persentase kreativitas siswa dengan aspek fleksibilitas, originalitas, fluensi dan elaborasi pada siklus I= 73,55% siklus II=79,08%, dan siklus III=85,57%. Dampak pengiring siswa dalam penerapan model PjBL dapat menjadikan siswa berantusias dalam pembelajaran, memiliki kepercayaan diri yang baik, dan dapat berkerja sama dengan teman lain. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas tentang karya seni dari kertas bekas pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.