Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bumirejo Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book, meningkatkan kerja sama siswa, dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Bumirejo. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Terdapat lima langkah model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book yaitu (1) orientasi siswa pada masalah berbantuan media Pop Up Book, (2) pengorganisasian siswa untuk belajar, (3) membimbing siswa dalam penyelidikan berbantuan media Pop Up Book, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Hasil pengamatan dari penerapan model PBL berbantuan media Pop-Up Book terhadap guru dan siswa selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 80,51%, siklus II mencapai 86,72% dan siklus III mencapai 91,46%. Kerja sama siswa meningkat pada siklus I=79,16%, siklus II= 85,14%, dan siklus III= 89,58%. Hasil belajar siswa pada siklus I=77,50%, siklus II=85,00%, dan siklus III= 90,00%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.