Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bumirejo Tahun Ajaran 2023/2024

Agita Putri Ardini, Wahyudi Wayudi, Wahyono Wahyono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah penerapan model PBL dengan media pop-up book, (2) meningkatkan motivasi belajar, (3) meningkatkan hasil belajar, dan (4) mendeskripsikan kendala solusi. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Bumirejo. Data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu langkah penerapan model PBL dengan media pop-up book yaitu: (1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa pada masalah, (3) membimbing penyelidikan, (4) menyajikan hasil diskusi pemecahan masalah, dan (5) analisis dan evaluasi hasi dan proses. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I = 74,99%, siklus II = 89,69%, dan siklus III = 97,22%. Hasil belajar siswa tentang bangun ruang siklus I = 68,27%, siklus II = 82,33%, dan siklus III = 94,03%. kendala yang sering muncul pada pembelajaran ini adalah siswa yang masih malu untuk bertanya dan menanggapi presentasi kelompok. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan media pop-up book dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 2 Bumirejo tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Problem Based Learning, learning motivation, learning outcomes, building space

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.