Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Tentang Perkembangan Teknologi Pangan pada Kelas III

Widya Maharani Pramudita, Moh Salimi, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah Problem Based Learning (PBL), (2) meningkatkan keterampilan sosial, (3) meningkatkan hasil belajar, (4) mendeskripsikan kendala dan Solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Subjel penelitian ialah guru dan siswa kelas III SD Negeri Arjosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. (2) Persentase peningkatan keterampilan sosial siklus I = 77,60%, siklus II = 86,71%, dan siklus III = 91,14%. (3) Persentase peningkatan hasil belajar siklus I = 79,99%, siklus II = 87,32% dan siklus III = 92,86%. (4) Kendala dan Solusi penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar di kelas III SD Negeri Arjosari tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Flashcard, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.