Penerpan Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia Pada Siswa Kelas V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan langkah, (2) meningkatkan hasil belajar IPAS, (3) dan mendeskripsikan kendala dan solusi model PjBL dengan media pop up book pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah- langkah penerapan model PjBL yaitu: (a) merancang proyek, (b) merancang penyelesaian proyek, (c) menyusun jadwal, (d) menyelesaikan proyek, (e) presentasi, serta (f) evaIuasi proses dan hasiI. (2) Hasil belajar IPAS meningkat. (3) Kendala dalam penelitian: (a) siswa sulit dikondisikan, (b) siswa belum berani menanggapi, (c) siswa kurang teliti, (d) siswa asik main sendiri, (e) siswa belum berani presentasi. Solusi yang diberikan: (a) guru lebih tegas, (b) guru lebih memotifasi, (c) guru memberikan arahan, (d) guru lebih menasehati siswa, (e) guru lebih membimbing siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dengan media Pop Up Book, dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.